VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 28 March 2012, 12:15
gombalgembelgembul's Avatar
New Member
 
Join Date: Mar 2012
Location: 20
Posts: 41
Thanks: 2
Thanked 0 Times in 0 Posts
gombalgembelgembul is an unknown quantity at this point
Default Tari Perut (mengoda dari zaman SEBELUM Masehi)

Tari perut atau yang lebih di kenal dengan belly dance merupakan tarian khas Timur Tengah yang terkenal dengan image-nya yang seksi karena penarinya wanita dan ditarikan dengan lembut. Gerakannya juga kebanyakan dari pinggul dan bahu. Kostumnya yang minim tentu saja memperlihatkan bagian perut.

Orang awam sering mengidentikkan tari perut dengan penonton laki-laki. Tetapi tari perut sesungguhnya tarian yang tidak hanya dimaksudkan untuk menghibur kaum Adam.

Tari ini sebenarnya merupakan tarian rakyat dari Timur Tengah yang diperkirakan telah ada sejak tahun 1400 SM. Didaulat sebagai salah satu tarian tertua di dunia, tarian ini berkembang dalam masyarakat di tepian sungai Tigris-Eufrat.

Di daerah asalnya biasanya tarian ini dihelat pada perayaan pesta, seperti pernikahan dan kelahiran bayi, atau menyatakan kebahagiaan lainnya. Penarinya pun tidak terbatas pada usia, bentuk dan ukuran tubuh.
“Tarian ini adalah seni, indah. Sensual tidak masalah. Yang masalah adalah seksual”.

Sensual karena dengan keindahan dan lekuk tubuh tubuh wanita membuat tarian itu mempesona. Sedangkan kesan seksual hadir ketika tarian itu agresif, murahan, dan vulgar seperti striptis,” ujar Christine Yaven, founder Bellydance Jakarta.

Belly dance sendiri banyak jenisnya, ada Raqs Sharqi, Shaabi, Baladi. Musik pengiringnya pun beragam genre, walaupun tentu musik Arab, ada musik klasik hingga pop.

Instrumennya juga beragam, ada Oud (sejenis gitar), Qanun (sejenis harpa), Nay (sejenis suling), Riq (alat musik perkusi).
Ada aturan dalam belly dance. Ritme tertentu, instrumen tertentu, harus ditarikan dengan gerakan tertentu,” kata Christine.

Gerakan tari pun beragam, salah satunya shimmy, yaitu gerakan menggetarkan seluruh tubuh. “Terlihat mudah padahal belajarnya susah. Saya sudah belajar selama enam tahun,” ujar Lynda, salah satu penari belly dance.
Gerakan tari jelas berbeda dengan modern dance, ada gerak tradisi di sana. Christine berharap, masyarakat dan media mengerti apa itu belly dance. “Kami respek terhadap musik dan budayanya. Dan kami tetap pada mahzab tarian itu, tidak seperti tari perut yang dibayar untuk menghibur kaum adam,” tambah Lynda.

Terlepas dari image seksinya, tari perut memang menyenangkan untuk dinikmati dan ditarikan oleh siapa pun.


http://m.nationalgeographic.co.id/li...sebelum-masehi
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 18:50.