VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 15 June 2012, 11:28
ezankthea's Avatar
New Member
 
Join Date: Mar 2012
Location: 20
Posts: 21
Thanks: 0
Thanked 1 Time in 1 Post
ezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top memberezankthea super top member
Post Kerajaan Medang, Penakluk Nusantara Jilid II

KERAJAAN MEDANG, PENAKLUK NUSANTARA JILID II
ANALISA PRASASTI LAGUNA

PENDAHULUAN

Penulis yakin judul artikel ini bisa jadi menimbulkan kekagetan luar biasa, ya kalau gak kaget luar biasa, cukup dengan istilah kaget sajalah (jangan terlalu muluk-muluk hehehe). Judul ini berawal dari rasa ingin tahu penulis dari informasi prasasti yang terdapat di Philipina, yang ditemukan pada tahun 1989 Masehi. Prasasti ini dalam bahasa Inggris disebut The Laguna Copperplate Inscription (disingkat LCI). Penulis memberikan perhatian besar terhadap prasasti ini karena disebutkan sebelumnya bahwa ditemukannya terbilang baru, masih anget-anget jahe, terhitung 23 tahun yang lalu dari sekarang, 2012 Masehi.

Dengan prasasti ini pula penulis memberanikan diri dengan menyebut bahwa Kerajaan Medang (Mataram Kuno - Hindu) adalah kerajaan penakluk nusantara jilid II, tahap kedua, setelah Kerajaan Sriwijaya, tahap pertama, jilid I dan kemudian menyusul si bontot Kerajaan Majapahit, tahap ketiga, Jilid III (semuanya pakai jilid supaya adil hehehe).

Prasasti Laguna ini adalah dokumen sejarah tertulis yang dikenal paling awal ditemukan di Philipina. Berupa lempengan plat tembaga tipis berukuran kurang dari 20 30 cm (8 12 inci) dengan bentuk tulisan timbul, ditemukan oleh seorang buruh pasir dekat muara Sungai Lumbang di Barangay Wawa, Lumban, Laguna, tentunya pasti di Philipina, soalnya sudah disebutkan sebelumnya.

Prasasti tersebut pertama kali dilakukan penelitian oleh seorang antropolog Belanda, Antoon Postma. Penemuan ini sangat penting sebagai bukti hubungan budaya antara Pra-Hispanik orang Tagalog dengan berbagai peradaban kontemporer Asia, terutama orang Jawa (Kerajaan Medang), Kekaisaran Sriwijaya, dan kerajaan-kerajaan di India Tengah (dilihat dari bahasa, lebih lanjut masalah perkiraan agama yang berkembang, pra-Spayol dan Islam).

Tertulis diatasnya, permulaan teks yaitu era tahun Saka 822, atau setara dengan 900 Masehi pada bulan Waisaka, hari keempat bulan memudar, dan ini dalam penangalan modern tepat jatuh pada hari Senin, 21 April 900 Masehi, dalam kalender Gregorian tentunya.

Sistem penulisan yang digunakan adalah Script Kawi – Jawa Kuno, sementara dilihat dari bahasa yang digunakan adalah campuran berbagai bahasa yaitu terdiri dari bahasa Melayu Kuno, berisi kata-kata pinjaman dari bahasa Sansekerta dan berbagai elemen kosakata beberapa bahasa non-Melayu yang berasal diantaranya bahasa Tagalog Lama dan Jawa Kuno. Selengkapnya tentang berita prasasti Laguna ini akan dibahas kemudian dibagian artikel lebih lanjut.

LATAR BELAKANG

Tentu pengetahuan tentang sejarah nusantara akan membeberkan secara gamblang tentang silsilah raja-raja pada masa abad ke-7, ke-8, ke-9 dan ke-10, baik itu raja-raja dari Kerajaan Sriwijaya, Medang dan kerajaan-kerajaan lain diluar pulau Sumatera dan Jawa, bahkan manca nagara (lingkup Asia tenggara khususnya).

Tapi bagi siapapun, maksud penulis pembaca yang budiman, acungkan tangan! (kok acungkan tangan, kaya di kelas aja hehehe) kalau ada yang bisa menjawab pertanyaan penulis, “Siapa Raja Sriwijaya pada kisaran tahun 861–960 Masehi? Hayooo, kalau ada yang bisa jawab, pembacaan artikel ini jangan dilanjutkan, hentikan segera, percuma, tapi kalau tidak bisa menjawab, ya harus dengan rela hati untuk melanjutkan membaca artikel ini, mudah-mudahan nambah wawasan, ada manfaatnya...aminnn! Penulis kasih bocoran, liat bagan dibawah!kalau gak keliatan ya pakai kacamata, kalau gak keliatan juga? Harap tenang ada petunjuk selanjutnya.

.......IMAGE ADA DI BLOG.......MOHON MAAF

Satu lagi pertanyaan penulis, “siapakah Raja Khmer atau setidaknya raja diwilayah Kamboja dan Vietnam pada awal abad ke-9 tepatnya mulai 900-1000 Masehi?“, kalau ada yang bisa jawab, walaupun pertanyaan pertama diatas tidak bisa jawab, silakan boleh-boleh saja pembaca mulai meragukan artikel ini.

Begini. Penulis juga tidak bisa menjawab kedua pertanyaan diatas, karena tidak ada datanya, atau mungkin belum dapat datanya. Silakan cek di Wikipedia Online, hasilnya bagan diatas, tentang silsilah raja-raja Kerajaan Sriwijaya, nama raja-raja itu akan terhenti ketika tahun 860–960 Masehi, dengan raja terakhir Balaputradewa 860 Masehi, menurut keterangan prasasti Nalanda, dan kemudian dilanjut lagi oleh Sri Udayaditya Warmadewa atau Se-li-hou-ta-hia-li-tan, menurut berita utusan Tiongkok pada tahun 960 dan 962 Masehi.

Kerajaan Khmer, juga demikian, raja terakhir mulai tahun 889 Masehi, yaitu Yasovarman I, dia mulai membangun Angkor, yang kemudian berganti nama menjadi Yasodharapura. Raja Yasovarman I ini memerintah sampai tahun 900 Masehi. Akhir tahun ini dan selanjutnya, catatan siapa rajanya tidak diketemukan, hilang dan baru ditemukan lagi seorang Raja pada tahun 1002 Masehi, yaitu Suryavarman I yang merebut tahta kerajaan, merebutnya dari siapa? Tidak diketahui. Di bawah pemerintahannya, Suryavarman I, wilayah kerajaan Angkor bertambah luas sampai ke wilayah-wilayah yang yang dikenal sekarang dan tidak asing lagi yaitu negara Thailand dan Laos. Perhatikan! angka tahun 900 Masehi, itu sama dengan pembuatan prasasti Laguna di Philipina. right!

Berdasarkan hilangnya catatan sejarah inilah, yang melatarbelakangi penulis mengajukan wacana tentang Kerajaan Medang sebagai Penakluk Wilayah Nusantara Jilid II, padahal dari catatan para sejarah tempo dulu, catatan sekarang juga masih sama, wilayah Kerajaan Medang hanyalah tatar Jawa, Madura dan Bali. Tiga wilayah itu sendiri masih menyisakan pertanyaan, Nusa Tenggara Barat dan Timur atau Timor-timor bagai mana? Mungkin sejatinya kalau Timor-timor pada jaman dahulu kala masih termasuk katagori gugusan pulau Nusa Tenggara, bisa jadi seperti itu. Atau mungkin gugusan Nusa Tenggara juga masih termasuk, secara global ke wilayah Bali, bisa ya bisa tidak, soalnya semuanya pake kata mungkin hehehe.

Tidak semata-mata penulis mengajukan analisa Prasasti Laguna kalau tidak ada hubungan dengan Kerajaan Medang dan tidak semata-mata pula penulis menanyakan tentang Kerajaan Khmer kalau juga tidak ada hubungannya dengan Kerajaan Medang Juga, bikin cape yang baca aja kalau tidak ada hubungannya alias mubazhir. mari ke bagian selanjutnya, gampang tinggal klik link dibawah.

baca selengkapnya di MENGUAK TABIR SEJARAH NUSANTARA terdapat data bahwa Vietnam dan Kamboja pernah dijajah Sri Wijaya dan Medang ratusan tahun lamanya......mari berbagi!

Last edited by ezankthea; 15 June 2012 at 11:29. Reason: revisi
Reply With Quote
  #2  
Old 15 June 2012, 15:22
ri4nx's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: solo
Posts: 24,749
Thanks: 0
Thanked 242 Times in 188 Posts
ri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top member
Default

baru dengar nama kerajan medang
Reply With Quote
  #3  
Old 16 June 2012, 10:42
Walmiki's Avatar
New Member
 
Join Date: Jun 2012
Location: 20
Posts: 9
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
Walmiki is an unknown quantity at this point
:naikkuda:

Kerennn my brooow...
Filipina takluk, vietnam takluk, kamboja takluk, takluk semua=dijajah semua.....padahal itu negara sahabat "mitra sateka" bagi Majapahit ga ditaklukin....nah gedean medang donk drpd Majapahit.
Baru ini Sejarah apa ini sejarah baru!?..........

gud job
Reply With Quote
  #4  
Old 16 June 2012, 12:30
Busheet's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Sep 2011
Posts: 362
Thanks: 0
Thanked 9 Times in 7 Posts
Busheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top memberBusheet super top member
Default

ane juga baru ini dengar,kalau majapahit sering dengar
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 19:20.