VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 9 July 2012, 11:59
Makeiteasy102's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jul 2012
Location: Mampang Prapatan,
Posts: 408
Thanks: 2
Thanked 3 Times in 3 Posts
Makeiteasy102 is an unknown quantity at this point
Post Kesaktian Kebo Kyai Slamet Keraton Solo



Bukan Kerbau sembarang Kerbau, tapi Kebo Kyai slamet merupakan pepunden keramat dan hewan paling berwibawa dan selalu dihormati di wilayah Solo dan sekitarnya. Buktinya, setiap malam 1 Syura, seluruh masyarakat Solo/Surakarta keluar sampai tengah malam untuk menyambutnya.

Konon, menurut cerita seorang abdi dalem Keraton, Kebo Kyai Slamet adalah Kerbau jantan besar keturunan Kerbau bule zaman Keraton Mataram.m Waktu itu yang memerintah Sultan Agung Hanyakrakusumo.



Kesaktian Yang Mengejutkan

Pada zaman Sultan Agung pernah terjadi peristiwa mengejutkan. Ada perkampungan yang dilanda kebakaran hebat. Saking besarnya api hampir ke kawasan Keraton Mataram. Anehnya, setiap jilatan api, tidak mampu melewati ATAP sebuah kandang. Walaupun tempat lain di dekat kandang sudah dilalap api. Dalam keadaan demikian membuat masyarakat yang melihat bingung dan berita tersebut sampai kepada sang Raja. Maka diperintah para punggawa untuk menanggulanginya.

Setelah api dapat dipadamkan, menghadaplah seorang Demang kepada Sultan Agung dan menceritakan keanehan kandang hewan yang beratap rumbia itu. Kandang tetap utuh dan tanaman di sekitarnya juga tak terlihat gosong.



Hal ini membuat Sultan Agung heran, dalam hati tidak percaya. Untuk membuktikannya, sang Raja turun kedaton, melihat secara langsung kandang tersebut.

Secara logika tidak mungkin terjadi sebab di sekitar kandang sudah rata jadi abu, maklum zaman dulu memang bangunannya dari kayu dan bambu, namun kandang itu tetap utuh. Setelah diperiksa Sultan Agung, isi kandang tersebut berisi seekor Kebo bule sedang makan rumput. Sementara sang pemiliknya mempunyai sebuah Tombak yang ampuh, katanya.

Baru saja melihat keajaiban itu, terdengar suara hiruk pikuk dari warga kampung bahwa ada kebakaran kembali. Kobaran apinya sulit dipadamkan. Atas perintah Sultan Agung, Kebo Bule dan Tombak itu agar dibawa ke sana dan mengelilingi tempat yang dilanda kebakaran itu. Aneh bin ajaib, begitu Kerbau dan Tombak mengelilingi rumah yang dilanda api, seketika padam tinggal asap membumbung tinggi.

Sejak saat itulah Kerbau serta Tombak beserta pemiliknya menjadi milik Keraton dan diberi nama Kebo Kyai Slamet dan Tombak Kyai Slamet. Slamet di sini artinya SELAMAT, sebab keduanya ternyata mampu menyelamatkan bencana kebakaran. Sementara pemilinya diangkat menjadi punggawa Keraton dengan pangkat Ki Lurah Maesaprawira.





Keunikan Sang Kebo

Pintu Gerbang Keraton Surakarta sebelah selatan ada pasar tradisional namanya Pasar Gading, sebelum akhirnya dipindah ke daerah Gemblegan, walau saat ini pasar tersebut sudah menjadi pangkalan mobil, tapi masih banyak sisa-sisa pedagang yang menggelar dagangannya di situ.

Pasar Gading dulu sangat ramai sekali, utamanya hari Minggu. Kebo Kyai Slamet ini sering berkeliaran sekitar pasar tersebut. Tetap anehnya, sang Kebo tidak mau mengganggunya, walau banyak pedagang sayur mayur
dan buah-buahan bertebaran. Ketika lapar sang Kebo hanya makan singkong rebus dan pisang goreng.

Tentu saja pedagang yang dagangannya dimakan sang Kebo bukannya marah, justru girang sekali, sebab dianggap NGALAP BERKAH atau “pelarisan” dan bisa mendapatkan banyak rejeki. Kenyataannya yang dagangannya dimakan Kebo Kyai Slamet selama 40 hari dagangannya larisnya bukan main, konon tidak sampai satu jam sudah ludes terjual.



Selanjutnya di : Kesaktian Kebo Kyai Slamet Keraton Solo
Reply With Quote
  #2  
Old 9 July 2012, 12:04
thaniasaphira Female
Guest
 
Location: jakarta
Posts: n/a
Default

kalo di potong gimana ya







[Portal jodoh terbesar di Indonesia] Cari pacar, teman kencan, jodoh, ayo gabung di Online Dating at Temu Pasangan
Reply With Quote
  #3  
Old 10 July 2012, 10:00
Makeiteasy102's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jul 2012
Location: Mampang Prapatan,
Posts: 408
Thanks: 2
Thanked 3 Times in 3 Posts
Makeiteasy102 is an unknown quantity at this point
:naikkuda:

Quote:
Originally Posted by thaniasaphira View Post
kalo di potong gimana ya







[Portal jodoh terbesar di Indonesia] Cari pacar, teman kencan, jodoh, ayo gabung di Online Dating at Temu Pasangan
Gk apa2, potong aja. kn kebo apapun warna kulitnya tetap dipotong dan gk ada yg salah.
Reply With Quote
  #4  
Old 10 July 2012, 21:12
kora-kora kuya's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Nov 2010
Location: KotaKita
Posts: 5,000
Thanks: 11
Thanked 8 Times in 3 Posts
kora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top member
Default

kebo sakti nih kayak temannya sun go khong
Reply With Quote
  #5  
Old 14 August 2012, 12:57
joen_one Male
Guest
 
Posts: n/a
tanya

kok masih percaya ama yang gituan????
Reply With Quote
  #6  
Old 30 October 2012, 15:38
inashoot's Avatar
New Member
 
Join Date: Dec 2011
Posts: 10
Thanks: 2
Thanked 0 Times in 0 Posts
inashoot is an unknown quantity at this point
Default

inikan cuma katanyaaaaaa
Reply With Quote
  #7  
Old 30 October 2012, 16:37
dedesander's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Dec 2010
Posts: 633
Thanks: 2
Thanked 2 Times in 2 Posts
dedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top memberdedesander super top member
Default

Kepercayaan yang Berlebihan deh...!!!
Reply With Quote
  #8  
Old 31 October 2012, 08:45
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 43,672
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Kebo Bule ya ... mungkin soal kebakaran itu ada keajaiban tapi keajaiban itu datangnya dari ALLAH
Reply With Quote
  #9  
Old 28 November 2012, 00:06
dancoz Male
Guest
 
Location: ambasador
Posts: n/a
Default

itu kan tradisi..cuma yg disayangkan tanggapan masyarakat sekitar..... ingin dapat berkah... ingin dapat keselamatan ... dari apa? jawabnya : klo megang kebo ..keris DLL... hati2 dgn syirik
Reply With Quote
  #10  
Old 29 November 2012, 11:37
kasurrusak's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Mar 2012
Location: negri antah berantah
Posts: 931
Thanks: 3
Thanked 7 Times in 7 Posts
kasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top memberkasurrusak super top member
Default

Kalo ane makan, Pasti ane langsung sakti...... Plus langsung digebukin masa.....
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 13:53.