VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Like Tree1Likes

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 16 October 2010, 02:07
DayBeat's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Sep 2010
Posts: 333
Thanks: 11
Thanked 154 Times in 67 Posts
DayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top memberDayBeat super top member
Lightbulb Legenda Kotak Pandora dan Mitologi Yunani

Apah ituh kotak pandora?


Quote:
Pandora box atau kotak Pandora adalah sebuah kisah yang berasal dari mitologi Yunani. Kisah sebuah patung wanita yang diciptakan Haphaestus atas perintah Zeus, yang kemudian akhirnya diberi kehidupan oleh Zeus dan diberi nama "Pandora".

Selain manusia, bumi dulu juga ditempati oleh para Titan. Zeus sangat tidak menyukai beberapa titan, dan titan yang paling tak disukainya adalah Promotehus, yang bersikukuh hendak mencuri cahaya pengetahuan dari puncak gunung Olympus.

Nietzsche sangat mengagumi titan satu ini, yang menurutnya memiliki ciri “uebermensch” (sebagian menerjemahkannya “superman”, tapi penerjemah spesialis Nietzsche, Walter Kauffman, lebih suka menerjemahkannya menjadi “overman”. St. Sunardi, dalam bukunya tentang Nietzsche yang diterbikan lkis, menerjemahkan uebermensch menjadi “adimanusia”).


Zeus, diceritakan, juga membenci titan lainnya yang bernama Ephimetheus. Dia adalah kakak Promotheus. Untuk itu Zeus memerintahkan seorang dewa yang dikenal buruk rupa, tapi memiliki keahlian seni yang mumpuni untuk membuat sebuah patung perempuan.

Nama dewa itu Haphaestus. Dia adalah anak Zeus dari hasil perkimpoian dengan Hera. Karena dia memendam asmara tak kesampaian dengan Aprhodite, maka ia pun membuat patung perempuan yang kecantikannya menyerupai Aphrodite.

Penciptaan patung tersebut juga dipenuhi berkah dari dewa-dewi lainnya. Aphrodite menganugerahinya kecantikan, keanggunan, dan gairah. Hermes memberinya kecerdikan, keberanian, dan kemampuan untuk membujuk.


Demeter menunjukkannya cara memelihara taman. Athena mengajarinya ketangkasan dan memberi roh pada pandora. Apollo mengajarinya bernyanyi dengan merdu dan memainkan alat musik petik. Poseidon memberinya kalung mutiara dan kesaktian agar tak pernah tenggelam.

Horae menambah daya tarik pandora dengan menghiasi rambutnya dengan rangkaian bunga dan tumbuhan lain untuk membangkitkan ketertarikan para pria padanya. Hera memberinya rasa ingin tahu. Zeus membuatnya nekat, nakal, dan suka bermalas-malasan.

Zeus senang dengan kesempurnaan patung itu, lantas memberi patung itu kehidupan. Patung itu sendiri bentuknya lebih kecil dari ukuran manusia umumnya. Patung yang sudah diberi kehidupan itu diberi nama Pandora. Oleh Zeus, Pandora dititipi pula sebuah kotak rahasia yang tak boleh dibukanya.


Zeus lantas menghadiahkan patung itu pada Ephimetus. Kendati Promotheus sudah memeringatkan kakaknya akan kemungkinan tipu muslihat Zeus, Ephimetus telanjur menyukai dan mencintainya, karena Pandora memang sangat cantik.

Singkat kata, Pandora dan Ephimetus hidup berdampingan. Pandora sendiri hingga beberapa lama mampu menaati perintah untuk tidak membuka kotak itu. Tapi, lama kelamaan, Pandora penasaran dengan apa isi kotak yang dititipkan padanya.

Maka, dibukanyalah kotak tersebut. Dari dalam kotak, berhamburanlah segala macam keburukan, seperti penyakit, wabah kesedihan, dan keputusasaan. Sejak itu, bumi mulai mengenal penyakit dan segala keburukan hidup lainnya.


Ternyata, di dalam kotak itu juga masih ada satu benda lain. Benda itu berbentuk kecil, namanya : “harapan”. Benda inilah yang kelak digunakan manusia di Bumi untuk terus bertahan dari segala macam penyakit, wabah, kesedihan, dll
Reply With Quote
The Following User Says Thank You to DayBeat For This Useful Post:
munyen-x (22 February 2011)
  #2  
Old 12 February 2011, 22:47
ezaezo's Avatar
New Member
 
Join Date: Feb 2011
Location: Di Hatimu
Posts: 82
Thanks: 2
Thanked 33 Times in 24 Posts
ezaezo has a little shameless behaviour in the past
:getokk: Kotak pandora dan mitologi yunani

Selain manusia, bumi dulu juga ditempati oleh para titan. Zeus sangat tidak menyukai beberapa titan, dan titan yang paling tak disukainya adalah promotehus yang bersikukuh hendak mencuri cahaya pengetahuan dari puncak olympus.

Nietzsche sangat mengagumi titan satu ini yang menurutnya memiliki ciri “uebermensch” (sebagian menerjemahkannya “superman”, tapi penerjemah spesialis nietzsche, walter kauffman, lebih suka menerjemahkannya menjadi “overman”. St sunardi, dalam bukunya tentang nietzsche yang diterbikan lkis, menerjemahkan uebermensch menjadi “adimanusia”).


Zeus, diceritakan, juga membenci titan lainnya yang bernama ephimetheus. Dia adalah kakak promotheus. Untuk itu zeus memerintahkan seorang dewa yang dikenal buruk rupa tapi memiliki keahlian seni yang mumpuni untuk membuat sebuah patung perempuan. Nama dewa itu haphaestus. Dia sendiri adalah anak zeus dari hasil perkimpoian dengan hera. Karena dia memendam asmara tak kesampaian dengan aprhodite, maka ia membuat patung perempuan yang kecantikannya menyerupai aphrodite.

Penciptaan patung tersebut juga dipenuhi berkah dari dewa-dewi lain. Aphrodite menganugerahinya kecantikan, keanggunan dan gairah. Hermes memberinya kecerdikan, keberanian dan kemampuan untuk membujuk. Demeter menunjukkannya cara memelihara taman. Athena mengajarinya ketangkasan dan memberi roh pada pandora. Apollo mengajarinya bernyanyi dengan merdu dan memainkan alat musik petik. Poseidon memberinya kalung mutiara dan kesaktian agar tak pernah tenggelam. Horae menambah daya tarik pandora dengan menghiasi rambutnya dengan rangkaian bunga dan tumbuhan lain untuk membangkitkan ketertarikan para pria padanya. Hera memberinya rasa ingin tahu. Zeus membuatnya nekat, nakal dan suka bermalas-malasan.

Zeus senang dengan kesempurnaan patung itu dan lantas memberi patung itu kehidupan. Patung itu sendiri bentuknya lebih kecil dari ukuran manusia. Patung yang sudah diberi kehidupan itu diberi nama pandora. Oleh zeus, pandora dititipi pula sebuah kotak rahasia yang tak boleh dibukanya.

Zeus lantas menghadiahkan patung itu pada ephimetus. Kendati promotheus sudah memeringatkan kakaknya akan kemungkinan tipu muslihat zeus, ephimetus telanjur menyukai dan mencintainya karena pandora memang sangat cantik. Singkat kata, pandora dan ephimetus hidup berdampingan. Pandora sendiri hingga beberapa lama mampu menaati perintah untuk tidak membuka kotak itu. Tapi, lama kelamaan, pandora penasaran dengan apa isi kotak yang dititipkan padanya.

Maka dibukalah kotak tersebut. Dari dalam kotak, berhamburanlah segala macam keburukan, seperti penyakit, wabah kesedihan dan keputusasaan. Sejak itu, bumi mulai mengenal penyakit dan segala keburukan hidup lainnya. Hanya saja, ternyata, di dalam kotak itu juga masih ada satu benda lain. Benda itu kecil bentuknya. Namanya: “harapan”. Benda inilah yang kelak digunakan manusia di bumi untuk terus bertahan dari segala macam penyakit, wabah, kesedihan, dll.

Mitologi yunani adalah kumpulan legenda yunani tentang dewa-dewi yunani serta para pahlawan yang berawal dan tersebar melalui tradisi lisan.

Kebanyakan dewa yunani digambarkan seperti manusia, dilahirkan namun tak akan tua, kebal terhadap apapun, bisa tak terlihat, dan tiap dewa mempunyai karakteristik tersendiri. Karena itu, para dewa juga memiliki nama-nama gelar untuk tiap karakternya yang mungkin lebih dari 1 seperti demeter. Dewa-dewi ini terkadang membantu manusia dan bahkan memperistri seorang wanita manusia menghasilkan anak yang setengah manusia setengah dewa. Anak-anak inilah yang kemudian dikenal sebagai pahlawan.

walaupun ada berbagai mitologi di seluruh dunia kata mitologi berasal dari yunani yang terdiri dari 2 kata
1. Muthos yang dalam bahasa yunani berarti sebuah seni bahasa yang menjadi ritual.
2. Logos yang berarti sebuah kata, sabda, firman, cerita atau argumen yang meyakinkan.

beberapa sumber yang dipakai sebagai rujukan mitologi yunani antara lain adalah karya-karya homerus dan hesiodus

Hapunten Ari Repsolt ....
Reply With Quote
  #3  
Old 6 February 2012, 17:31
babypurples's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Oct 2011
Posts: 867
Thanks: 0
Thanked 126 Times in 98 Posts
babypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top memberbabypurples super top member
:pengumuman: Legenda Kotak Pandora


Dalam mitologi Yunani klasik, Pandora adalah wanita pertama di bumi. Zeus memerintahkan Hephaestus , dewa keahlian, untuk membuat jadi dirinya menggunakan air dan bumi. Para dewa memberkahinya dengan banyak hadiah: Athena memberikan pengetahuan pakaian kepadanya, Aphrodite memberi kecantikannya, Hermes kebijaksanaannya dan masing-masing dewa memberinya berbagai hadiah antara lain keindahan, kasih karunia, ketangkasan manual, keberanian, persuasi, rasa ingin tahu, licik dan kebohongan. Dia diberi nama Pandora (semua-gifted). Arti Pandora adalah "semua-berbakat", "semua yang memberi".

Kejadian ini bermula ketika Prometheus mencuri api dari langit, Zeus membalas dendam dengan menghadirkan seorang Pandora untuk Epimetheus , saudara Prometheus. Bahkan , Pandora diberi sebuah jar (Guci) indah yang tidak boleh dia tidak membuka dalam situasi apapun. Terdorong oleh rasa ingin tahunya akan barang yang diberikan kepadanya oleh para dewa, Pandora membuka guci tersebut, dan segala kejahatan, kemiskinan, sakit, kelaparan, sakit yang terkandung melarikan diri dan tersebar di bumi.
Mereka tampak seperti mahluk kecil dan bersayap.

Dia cepat-cepat menutup tutup, tapi isi seluruh tabung telah melarikan diri, kecuali satu hal yang terletak di bagian bawah, yang Hope. Pandora sangat sedih dengan apa yang telah dilakukan, dan takut bahwa ia akan harus menghadapi murka Zeus ', karena ia telah gagal tugasnya, namun, Zeus tidak menghukumnya, karena ia tahu ini akan terjadi


Para dewa, merasa sedikit menyesal untuk apa yang mereka akan lakukan, dan Dewa dewa telah menempatkan 1 mahluk mulia, di antara makhluk jahat, yang baik yang bertugas untuk menyembuhkan luka tubuh dan jiwa. Makhluk indah adalah "Hope" / Harapan. Ketika kotak Pandora dibuka lagi, Hope berhasil terbang dan pergi berkeliling dunia dan menyembuhkan luka yang dihasilkan oleh malapetaka. Tapi, saat ia melarikan diri lama kemudian, dia selalu menjadi orang terakhir yang tiba. Itu sebabnya, ketika orang diganggu oleh masalah, satu-satunya yang membantu mereka pergi ke depan adalah harapan.

Kata Yunani asli yang digunakan adalah "pithos" , yang merupakan sebuah guci besar dan digunakan untuk penyimpanan anggur, minyak, gandum atau lainnya, atau, secara ritual, sebagai wadah untuk tubuh manusia untuk mengubur. Dalam kasus Pandora, guci ini mungkin telah terbuat dari tanah liat untuk digunakan sebagai penyimpanan dalam arti biasa, atau dari logam perunggu sebagai penjara bisa dipecahkan.
Para kesalahan penerjemahan dari pithos biasanya dihubungkan dengan abad ke-16 humanis Erasmus dari Rotterdam yang menerjemahkan Hesiod kisah 's Pandora ke dalam bahasa Latin . Erasmus diberikan pithos sebagai Yunani Pyxis , yang berarti "kotak". Ungkapan "kotak Pandora" telah bertahan sejak itu. Kesalahpahaman ini kemudian diperkuat oleh Dante Gabriel Rossetti 's pada lukisannya yang berjudul Pandora

anrie likes this.
Reply With Quote
  #4  
Old 2 May 2012, 19:53
ridoblax's Avatar
Moderator
 
Join Date: Jun 2011
Location: D-BANX
Posts: 12,198
Thanks: 35
Thanked 127 Times in 98 Posts
ridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top member
Default

hope....
sesuatu yg kecil, tapi berefek besar
Reply With Quote
  #5  
Old 2 May 2012, 20:14
idgscool's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: www.fotoartis.biz
Posts: 17,855
Thanks: 5
Thanked 364 Times in 272 Posts
idgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top member
Default

kalo di film kera sakti yang bisa ngembaliin ke masa lalu
Reply With Quote
  #6  
Old 2 May 2012, 20:31
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 43,672
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

ngomong2 soaL kotak pandora jadi inget fiLm journey to the west ,,
Reply With Quote
  #7  
Old 2 May 2012, 21:11
ikada's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: pati
Posts: 26,175
Thanks: 85
Thanked 423 Times in 308 Posts
ikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top member
Default

mantab banget gan artikelnya ane suka banget
Reply With Quote
  #8  
Old 2 May 2012, 21:11
ikada's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: pati
Posts: 26,175
Thanks: 85
Thanked 423 Times in 308 Posts
ikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top member
Default

Quote:
Originally Posted by bayu ninja View Post
ngomong2 soaL kotak pandora jadi inget fiLm journey to the west ,,
iya gan ane juga gitu
Reply With Quote
  #9  
Old 3 May 2012, 06:30
jiroiko01's Avatar
New Member
 
Join Date: May 2012
Location: 20
Posts: 1
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
jiroiko01 is an unknown quantity at this point
Default kok

kok kaya timun mas ya??
Reply With Quote
  #10  
Old 3 May 2012, 10:50
::Banned::'s Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 14,913
Thanks: 0
Thanked 180 Times in 153 Posts
::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member::Banned:: super top member
Default



baru tau ane gan

Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
kotak pandora

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 12:01.