VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 17 March 2011, 01:19
Pertamax's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: In my desolation row
Posts: 671
Thanks: 100
Thanked 62 Times in 41 Posts
Pertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top member
Smile Budaya dan adat Pernikahan Suku Bugis Makassar

Budaya dan adat Pernikahan Suku Bugis Makassar

Quote:
Prolog

Spoiler:

Budaya dan adat perkawinan Bugis Makassar adalah salah satu budaya pernikahan di Indonesia yang paling kompleks dan melibatkan banyak emosi. Bagaimana tidak mulai dari ritual lamaran hingga selesai resepsi pernikahan akan melibat kan seluruh keluarga yang berkaitan dengan kedua pasangan calon mempelai. Ditambah lagi dengan biaya mahar dan "doi' panaik" atau uang naik atau biaya akomodasi pernikahan yg selangit.
Sebenarnya dulu adat budaya pernikahan yang tergolong mewah ini hanya barlaku bagi keluarga kerajaan namun sekarang mengalami pergeseran dan mulai dipraktekan masyarakat umum suku bugis makassar.

Ritual

Lamaran (assuro/massuro)
Lamaran mungkin bisa dikatan umum dan dilakukan sebagaimana adat-adat yang ada di Indonesia, namun yang berbeda adalah acara lamaran yang memang diarahkan agar berlangsung alot dan beradu pantun istilahnya "maddongidongi/mammanu'manu'. Pihak calon laki-laki diharap mampu membalas dan menyeimbangi pantun pihak keluarga perempuan.
Dalam Lamaran dibicarakan tentang jumlah mahar, biaya pernikahan dan seserahan serta hari dan tanggal baik pernikahan.
biasanya perbincangan akan sangat alot dan sering menemui jalan buntu dan harus melakukan lamaran ulang.

Persiapan
Persiapan pernikahan biasanya akan lebih ribet dan memakan waktu, tenaga dan biaya yang begitu besar (diluar akomodasi undangan dan sebagainya). Sebab selain mengundang secara tertulis ternyata budaya "mappada" atau memanggil secara lisan adalah adat yang tidak bisa ditinggalkan, mengundang secara lisan biasanya dilakukan oleh Ibu calon mempelai bersama Bibi atau kerabat wanita. Ini akan banyak menguras tenaga dan waktu meskipun yang akan diundang secara lisan adalah keluarga dan kerabat dekat tapi jika kita berada dalam lingkungan keluarga besar yang berjauhan akan sangat menyita tenaga.

Pada H-7 bagi keluarga yang mengadakan pernikahan di Rumah (biasanya di kolong rumah panggung) kesibukan dan berbagai acara telah dimulai. Berbagai pernak pernik seperti baruga (gerbang penganting), sarappo (pagar pembatas), panggung dan pemasangan pernak-pernik lainnya seperti lamming (hiasan dekorasi) akan menyita waktu. Namun bagi pernikahan orang bugis di kota-kota telah beralih menggunakan gedung yang lebih efisien, tapi di daerah yang belum terdapat gedung tantunya sangat merepotkan..

Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Spoiler:


Mandi Uap (A'barumbung/Mappesau)
Mandi uap atau sauna adalah salah satu ritual yang dijalankan sebelum memasuki acara pacar (mappacci) mandi sauna dilakukan secara tradisional menggunakan perapian kayubakar dibalik tirai kain atau tirai bambu. Ritual ini dilakukan selama tiga hari.

Appassili bunting (Cemme mappepaccing) atau siraman dan A’bubbu’ (mencukur rambut halus/bulu ****** dari calon mempelai).

Makkaddo' caddi'
acara makan semacam masakan beras ketan yang diolah secara tradisional, dilakukan 2 malam sebelum hari akad nikah.

Akkorontigi (Mappacci) atau malam pacar.
ritual dimana kerabat keluarga mempelai memberikan tanda pacar pada tangan mempelai, maksudnya agar niat mempelai dalam menjalani pernikahan bersih sebagai nama mappacci asal kata mapaccing atau bersih dan suci.

Assimorong atau akad nikah.
akad nikah dilakukan di lokasi mempelai wanita. Sangat jarang dalam budaya Islam bugis makassar melakukan akad nikah atau ijab qabul di Mesjid. Mempelai laki-laki akan mendatangi kediaman mempelai wanita bersama rombongan dengan membawa erang-erang yaitu seserahan yang kemas dengan bosara dan tandu yang terbuat dari bilah bambu.
seserahan yang di kemas dalam bosara biasanya kue-kue tradisional bugis dan alat keperluan sehari-hari seperti kosmetik dan sebagainya, sedangkan dalam tandu bilah bambu diisi dengan berbagai hasil bumi biasanya buah-buahan dan sepasang ekor ayam jantan dan betina.

Resepsi di Lokasi Mempelai Wanita.
Biasanya setelah resepsi mempelai pria tidak diperkenankan menginap di kediaman mempelai wanita, jika kediaman si pria jauh maka di sediakan tempat di rumah tetangga (kesian ), dalam hal ini juga mempelai pria tidak diperkenankan memakan sajian dari kediaman mempelai wanita.

Resepsi di kediaman pria (Allekka’ bunting (Marolla) atau mundu mantu)
seperti halnya sang pengantin pria pengantin wanita tidak diperkenankan memakan sajian dari kediaman pria namun tetap diinapkan dalam kediaman pria yang dalam ruangan dengan kawalan yang ketat bahkan isolasi.

Makkaddo Caddi
Sehari setelah resepsi dikediaman pria, biasanya dilakukan acara makan olahan beras ketan "kaddo caddi". Dan masih menerima kedatangan tamu.

Appa’bajikang bunting atau menyatukan kedua mempelai.
dalam ritual ini wanita dan pria disatukan dan lepas dari isolasi. Biasanya sebagai simbolisasi dengan acara suapan dan mencium kening.

berselang beberapa hari kemudian masih dilakukan acara syukuran dengan makan-makan lappa'-lappa'

Spoiler:


Lappa'-Lappa'

Spoiler:


Kaddo Caddi (Songkolo)
capek banget yah..
jadinya malam pertama udah tepar pengantinnya...
__________________
------09-12------

Last edited by P‎ertamax; 17 March 2011 at 02:13.
Reply With Quote
The Following 2 Users Say Thank You to Pertamax For This Useful Post:
anorexia (17 March 2011), dest (17 March 2011)
  #2  
Old 17 March 2011, 01:21
dest's Avatar
administrator
 
Join Date: Apr 2010
Location: -Lampu Merah Pertama
Posts: 2,925
Thanks: 422
Thanked 404 Times in 136 Posts
dest has disabled reputation
Default

nice..

gw kirimin cendol dah..

__________________
.
Quote:
-yeah-
I'm not a brilliant man
I'm just a lucky man

follow me: @ddeesst


REGISTRASI VIVAFORUM
(silahkan click disini)

Reply With Quote
  #3  
Old 17 March 2011, 01:28
lapak info's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: Jakarta
Posts: 5,845
Thanks: 26
Thanked 105 Times in 78 Posts
lapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top memberlapak info super top member
Default

nice gan..jadi tambah pengetahuan ane
Reply With Quote
  #4  
Old 17 March 2011, 01:32
Pertamax's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: In my desolation row
Posts: 671
Thanks: 100
Thanked 62 Times in 41 Posts
Pertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top member
Default

Quote:
Originally Posted by dest View Post
nice..

gw kirimin cendol dah..

gw ga mau cendol, kupi aja deh buat begadang..
__________________
------09-12------
Reply With Quote
  #5  
Old 17 March 2011, 13:12
heksawati's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jan 2011
Posts: 2,209
Thanks: 0
Thanked 85 Times in 54 Posts
heksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top memberheksawati super top member
Default

gu kirimin rate dah
__________________
Travel and living channel
Reply With Quote
  #6  
Old 17 March 2011, 13:15
Pertamax's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: In my desolation row
Posts: 671
Thanks: 100
Thanked 62 Times in 41 Posts
Pertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top member
Default

Quote:
Originally Posted by heksawati View Post
gu kirimin rate dah
thanks yah sis udah mampir..
__________________
------09-12------
Reply With Quote
  #7  
Old 17 March 2011, 13:15
anorexia's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: di sini
Posts: 1,038
Thanks: 7
Thanked 2 Times in 2 Posts
anorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top member
Default

ane kasih cendol jg nih gan
__________________
My Life My Rule!!!
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
  #8  
Old 17 March 2011, 13:15
chumie_3986's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Oct 2010
Location: Bandung - Jakarta
Posts: 2,004
Thanks: 56
Thanked 5 Times in 3 Posts
chumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top memberchumie_3986 super top member
Default

mu nikah ajah ribet yah max..

tapi karena udah adat, mau gak mau mesti dijalanin yah..
__________________
"A question that sometimes drives me hazy, am I or the others crazy?"
-Albert Einstein-
Reply With Quote
  #9  
Old 17 March 2011, 13:17
anorexia's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: di sini
Posts: 1,038
Thanks: 7
Thanked 2 Times in 2 Posts
anorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top memberanorexia super top member
Default

Quote:
Originally Posted by chumie_3986 View Post
mu nikah ajah ribet yah max..

tapi karena udah adat, mau gak mau mesti dijalanin yah..
jangan2 tuh pengalaman pribadi TS chum hehe....
__________________
My Life My Rule!!!
[SIGPIC][/SIGPIC]
Reply With Quote
  #10  
Old 17 March 2011, 13:17
Pertamax's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: In my desolation row
Posts: 671
Thanks: 100
Thanked 62 Times in 41 Posts
Pertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top memberPertamax super top member
Default

Quote:
Originally Posted by chumie_3986 View Post
mu nikah ajah ribet yah max..

tapi karena udah adat, mau gak mau mesti dijalanin yah..
kalo yang bugis murni dan taat adat pasti bakal lakuin semuanya,...
kalo gw sih mungkin ga bakal gw lakuin semuanya deh..
soalnya mahal..
__________________
------09-12------
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 22:09.