VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 7 June 2013, 06:51
smart4adli smart4adli is offline
New Member
 
Join Date: Jun 2013
Location: 20
Posts: 40
smart4adli is an unknown quantity at this point
Default malahayati, laksamana armada perang laut wanita pertama didunia.

Malahayati, Laksamana Armada Perang Perempuan
Pertama Di Dunia

"Nama Keumalahayati atau Malahayati mudah
ditemukan di literatur Barat maupun China. Di
Indonesia, dia memang tidak sepopuler Cut Nyak
Dien, namun oleh peneliti barat, Malahayati
disejajarkan dengan Semiramis, Permaisuri Raja
Babilonia dan Katherina II, Kaisar Rusia ..."

Wanita Aceh yang satu ini bukanlah Pendekar Komik dari Negeri Antah berantah. Ia benar-benar ada. Malahayati namanya. Ia seorang Laksamana (Panglima Perang) Kerajaan Aceh. Malahayati adalah figur yang banyak muncul dalam cacatan penulis asing dan bangsa Indonesia sendiri.
Malahayati, nama aslinya adalah Keumala Hayati , hidup di masa Kerajaan (Kesultanan) Atjeh dipimpin oleh Sultan Alaiddin Ali Riayat Syah IV yang memerintah antara tahun 1589-1604 M. Malahayati pada awalnya adalah dipercaya sebagai kepala pengawal dan protokol di dalam dan luar istana. Karir militernya menanjak setelah kesuksesannya “menghajar ” kapal perang Belanda yang dipimpin oleh Jenderal Cornelis de Houtman yang terkenal kejam.
Bahkan Cornelis de Houtman tewas ditangan Malahayati pada pertempuran satu lawan satu di geladak kapal pada 11 September 1599. Akhirnya beliau diberi anugerah gelar Laksamana . Dan beliaulah Laksamana Perempuan Pertama Di Dunia . Beliau juga sukses menghalau Portugis dan Inggris masuk ke Aceh.
Ia berasal dari keturunan sultan. Ayahnya, Mahmud Syah ,seorang laksamana. Kakeknya dari garis ayah, juga seorang laksamana bernama Muhammad Said Syah putra Sultan Salahuddin Syah yang memerintah tahun 1530-1539. Sultan Salahhuddin sendiri putera Sultan Ibrahim Ali Mughayat Syah (1513-1530), pendiri kerajaan Aceh Darussalam.
Dilihat dari asal keturunannya,darah meliter berasal dari kakeknya. Kisah Laksamana Malahayati walaupun tidak banyak, semua bercerita tentang kepahlawanannya. Pada saat dibentuk pasukan yang prajuritnya terdiri dari para janda yang kemudian dikenal dengan nama pasukan Inong Balee, Malahayati adalah panglimanya (suami Malahayati sendiri gugur pada pertempuran melawan Portugis).
Pembentukan pasukan wanita yang semuanya janda yang disebut Armada Inong Bale itu merupakan ide
Malahayati . Maksud dari pembentukan pasukan wanita tersebut adalah agar para janda tersebut dapat menuntut balas kematian suaminya. Laskar tersebut dinamai Laskar Inong Balee atau yang bermakna Laskar para Janda pahlawan.
Beranggotakan 2000 orang prajurit perempuan. Pasukan tersebut mempunyai benteng pertahahanan. Sisa – sisa benteng Inong bale masih ada di Teluk Kreung Raya.
Karir militer Malahayati terus menanjak hingga ia
menduduki jabatan tertinggi di angkatan laut Kerajaan Aceh kala itu.
Sebagaimana layaknya para pemimpin jaman itu, Laksamana Malahayati turut bertempur di garis depan melawan kekuatan Portugis dan Belanda yang hendak menguasai jalur laut Selat Malaka.
Di bawah kepemimpinan Malahayati , Angkatan Laut Kerajaan Aceh terbilang besar dengan armada yang terdiri dari ratusan kapal perang. Adalah Cornelis de Houtman,orang Belanda pertama yang tiba di Indonesia,pada kunjungannya yang ke dua mencoba untuk menggoyang kekuasaan Aceh pada tahun 1599. Cornelis de Houtman yang terkenal berangasan,kali ini ketemu batunya. Alih-alih bisa meruntuhkan Aceh, Armadanya malah porak poranda digebuk armada Laksamana Malahayati.
John Davis, seorang berkebangsaan Inggris, nahkoda di sebuah kapal Belanda yang mengunjungi Kerajaan Aceh pada masa Malahayati menjadi Laksamana. melaporkan, Kerajaan Aceh pada masa itu mempunyai perlengkapan armada laut terdiri dari 100 buah kapal perang, diantaranya ada yang berkapasitas 400 - 500 penumpang.
Masa itu Kerajaan Aceh memiliki angkatan perang yang kuat. Selain memiliki armada laut, di darat ada pasukan gajah.
Kapal-kapal tersebut bahkan juga ditempatkan didaerah-daerah kekuasaan Aceh diberbagai tempat.

Last edited by smart4adli; 19 July 2013 at 02:52.
Reply With Quote
  #2  
Old 7 June 2013, 06:53
smart4adli smart4adli is offline
New Member
 
Join Date: Jun 2013
Location: 20
Posts: 40
smart4adli is an unknown quantity at this point
Default

Kekuatan Keumalahayati mendapat ujian pertamakalinya ketika terjadi kontak senjata antara Aceh dengan pihak Belanda. Pada tanggal 21 Juni 1599, dua kapal Belanda yang dipimpin dua bersaudara Coernelis de Houtmandan Federick de Houtman berlabuh dengan tenang di Aceh.
Laksamana Malahayati dan pasukannya menyergap armada cornelis de houtman yg coba berlabuh di pantai aceh, dalam penyergapan tersebut cornelis de houtman tewas di tangan Malahayati dan beberapa anak buahnya juga terbunuh. Sedangkan Federick de Houtman ditawan dan dijebloskan ketahanan Kerajaan Aceh.
Sesuatu yang menggegerkan bangsa Eropa dan terutama Belanda sekaligus menunjukkan kewibawaan Laksamana Keumalahayati ketika Mahkamah Amsterdam menjatuhkan hukuman denda kepada Van Caerden sebesar 50.000 gulden yang harus dibayarkan kepada Aceh. Uang sejumlah itu benar-benar dibayarkan kepada yang berhak. Denda tersebut adalah buntut tindakan Paulus van Caerden ketika datang ke Aceh menggunakan dua kapal, menenggelamkan kapal dagang Aceh serta merampas muatannya berupa lada, lalu pergi meninggalkan Aceh.
Selain armada Belanda, Laksamana Malahayati juga berhasil menggebuk armada Portugis.
Reputasi Malahayati sebagai penjaga pintu gerbang kerajaan dan menguasai pintu selat malaka membuat Inggris yang belakangan masuk ke wilayah ini memilih untuk menempuh jalan damai. Surat diplomasi dari Ratu Elizabeth I yang dibawa oleh James Lancaster untuk Sultan Aceh bertujuan membuka izin akses jalan melalui selat malaka bagi armada dagang Inggris untuk menuju Jawa dan membuka pos dagang di Banten.
Keberhasilan menempuh jalan damai ini membuat James Lancaster dianugerahi gelar bangsawan sepulangnya ia ke Inggris.
Peristiwa penting lainnya selama Malahayati menjadi Laksamana adalah ketika ia mengirim tiga utusan ke Belanda, yaitu Abdoelhamid , Sri Muhammad dan Mir Hasan ke Belanda. Ketiganya merupakan duta-duta pertama dari sebuah kerajaan di Asia yang mengunjungi negeri Belanda.
Ketika Negara-negara maju berkoar masalah kesetaraan gender terutama terhadap Negara berkembang dewasa ini, wilayah nusantara telah lama meng-implementasikan kesetaraan gender yang luar biasa. Dialah Laksamana Malahayati Laksamana perang wanita pertama di dunia.
Setelah wafat Malahayati dimakamkan tidak jauh dari Benteng Inong Balee, sekitar 3 Km dari benteng berada diatas bukit. Lokasi makam pada puncak bukit, merupakan salah satu bentuk penghormatan terhadap tokoh yang dimakamkan. Penempatan makam di puncak bukit kemungkinan dikaitkan dengan anggapan bahwa tempat yang tinggi itu suci.
Kiprah Malahayati makin mengukuhkan bahwa peran wanita tidak bisa dikesampingkan. Wanita sesungguhnya memiliki kekuatan yang tak kalah dengan pria. Namun memang, implementasinya memang tidak bisa seperti zaman penjajahan dulu. Di zaman sekarang, kekuatan wanita ditunjukkan melalui perannya dalam masyarakat, terutama dalam menjalankan karir maupun usahanya. Wanita kini tak lagi hanya berkutat di dapur, sumur dan kasur, tetapi bisa menunjukkan performa terbaik di dalam pekerjaannya tanpa mengesampingkan kodratnya sebagai istri sekaligus ibu.
Banyak cacatan orang asing tentang Malahayati .
Kehebatannya memimpin sebuah angkatan perang ketiga itu diakui oleh negara Eropa, Arab, Cina dan India.
Namanya sekarang melekat pada kapal perang RI, KRI Malahayati, Kama Kampus, Nama Pelabuhan, Nama Jalan, Nama Rumah Sakit dan Sebagainya.

Last edited by smart4adli; 19 July 2013 at 02:44.
Reply With Quote
  #3  
Old 8 June 2013, 11:11
Noviantoekop's Avatar
Noviantoekop Noviantoekop is online now
Senior Member
 
Join Date: Sep 2011
Posts: 902
Noviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top memberNoviantoekop super top member
Default

baru dengar nih ada pahwalan wanita yang menjadi laksamana
Reply With Quote
  #4  
Old 8 June 2013, 11:30
evanbastian's Avatar
evanbastian evanbastian is offline
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Posts: 19,547
evanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top memberevanbastian super top member
Default

wooww keren banget dia yahh gan,,baru sempet denger niih ane gan
__________________
NO SIGGY
Reply With Quote
  #5  
Old 8 June 2013, 13:27
smart4adli smart4adli is offline
New Member
 
Join Date: Jun 2013
Location: 20
Posts: 40
smart4adli is an unknown quantity at this point
Default

Inilah fakta sejarah yg di blur oleh orientalis barat utk kepentingan propaganda dan ideologi barat. Kerajaan2 di nusantara kita telah mengimplementasikan kesetaraan gender jauh hari sebelum para penjajah barat tahu apa makna kesetaraan gender. Dan para orientalis negara barat saat ini muncul dan mengklaim diri sebagai pelopor, pejuang serta pahlawan kesetaraan gender.
Ini buah dari kebungkaman dan kebodohan pribumi indonesia yg selama ini mengaku dirinya PAKAR DAN AHLI SEJARAH INDONESIA karena tidak pernah mau dan peduli utk menggali dan mengungkap kebenaran sejarah yg hakiki dari para pendahulu2 kita yg berjuang demi harkat, martabat dan kehormatan bangsa kita sejak dulu kala, sehingga bangsa ini menjadi bangsa yg lupa jati diri dan kehilangan identitas diri sehingga menjadi terbelakang dan selalu menjadi bangsa pengikut.
Reply With Quote
  #6  
Old 11 June 2013, 10:58
anaa's Avatar
anaa anaa is online now
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 21,868
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

ga ada gambarnya sama sekali,,,,,,,,,,,,,,
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #7  
Old 11 June 2013, 11:11
salahsapa's Avatar
salahsapa salahsapa is offline
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: di belakangmu
Posts: 13,653
salahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top member
Default

jadi menambah pengetahuan......nice..........
Reply With Quote
  #8  
Old 19 July 2013, 02:50
smart4adli smart4adli is offline
New Member
 
Join Date: Jun 2013
Location: 20
Posts: 40
smart4adli is an unknown quantity at this point
Default

Top ......n gak ada duanya...... boleh cari dari literatur manapun mulai dari jaman jebot sampe hari ini belum ada satu wanita pun di dunia yg menduduki jabatan ADMIRAL untuk armada perang angkatan laut kerajaan atau negara...........apalagi memberi komando langsung di medan tempur dan bahkan turut bertempur langsung di banyak pertempuran yg tercatat dalam sejarah......

Last edited by smart4adli; 19 July 2013 at 03:19.
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 16:48.