VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Like Tree1Likes
  • 1 Post By kecoeboeng

Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 10 June 2013, 11:05
kecoeboeng's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Dec 2012
Location: 20
Posts: 847
Thanks: 0
Thanked 69 Times in 49 Posts
kecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top memberkecoeboeng super top member
Default Sejarah Jawara Betawi Tempo Dulu

Quote:
Dulu, di tanah Betawi, gak pernah sepi ama yg namanya Jawara. Jago-jago silat yang rata-rata bergelang bahar dan bergolok itu ‘ngamprak’ dimana-mana. Sampai-sampai mau ngelamar pacar kudu dites ilmu silatnya dulu ama calon mertua. Kalau kalah tanding urusannya bisa gagal jadi menantu. Maklum, itu waktu kompeni ada dimana-mana. Kompeni kalau bertindak suka semau-maunya. Main tangkap dan main hajar sembarangan. Banyak pemuda Betawi yang mati kapiran ditangan kompeni-kompeni biadab itu. Belum lagi kelakuan centeng-centeng tuan tanah yang gak kalah bengisnya. Orang-orang kampung yang gak mau bayar utang habis dibikin babak belur. Makanya jangan heran kalau anak-anak muda Betawi getol belajar silat buat ngelawan yang begituan. Dan pada abad 18 muncul se’gambreng’ jawara-jawara dari tanah Batavia, mulai dari Tenabang, Pekojan, Mester, Rawa Belong, Kemayoran, Kwitang, Kebon Nanas, Cawang, Condet, Depok, ama Bekasi. Itu waktu jawara yang terkenal di Betawi banyak banget, ada Pitung, Jampang, Ji’ih, Entong Gendut, Wan Kadir, Mat Peci, Sabeni, Murtado, Darip, Jaelani, Puase, Ja’man, Mat Item, Wan Ali Lubi, Wan Hamid Kranji, Asenie, dan masih banyak lagi.


Jawara Betawi rata-rata berilmu tinggi. Tapi malang melintang di Betawi itu waktu gak bisa cuma ngandelin silat. Itu jawara-jawara harus punya ilmu lain biar tambah sakti. Macam-macam ilmu kesaktian yang dijadiin andelan jawara, diantaranya ilmu pancasona, anti bacok, anti pelor, ilmu terbang, dan ilmu rawarontek. Jago-jago ilmu kebal yang rata-rata tinggal di daerah Kulon atawa Banten disamperin banyak jawara-jawara buat berguru nambah ilmu. Jawara yang baru pulang berguru dari Kulon bakal disegenin ama jawara-jawara lain dan pasti bakal bikin centeng tuan tanah pada kebakaran jenggot, urusan rentenir tuannya bisa disetop ama itu jawara yang pasti ngebela orang miskin. Tapi ada juga jawara berkepandaian tinggi yang gak hampir-hampir gak pernah pakai kekerasan buat memberantas kezaliman dan kejahatan kayak Wan Kadir jawara asal Kebon Coklat, Kampung Melayu. Wan Kadir gak perlu repot-repot nurunin tangan buat membasmi jawara-jawara yang jahat. Cukup pakai mulut itu jawara-jawara sudah gemeteran dan langsung kabur terbirit-birit. Habis generasi Wan Kadir muncul lagi dua murid penerusnya menggantikan Wan Kadir kayak Wan Ali Lubi dan Wan Hamid yang cara ama gaya jawaranya tidak berbeda jauh dengan Wan Kadir.


Dengan keahlian silat yang dimiliki, para jago-jago Betawi membela orang-orang kampung yang dizolimi. Centeng-centeng bayaran yang biasa petantang petenteng nagih utang, tulak pinggang sambil doak-doakan balik dibikin bengap-bengap. Tuan tanah kepalanya jadi pusing. Bule kumpeni juga begitu. Penghasilan Kumpeni dari setoran pajak jadi berkurang. Para staf di Gubernemen Hindia Belanda badannya pada encok-encok. Hidupnya jadi gak tenang. Gubernur Belanda puter otak sampai begadang-begadang. Cara satu-satunya biar tenang itu jawara-jawara kudu ditangkep dan dibui, kalau ngelawan kumpeni biar ditembak mati aja sekalian. Akhirnya itu jawara-jawara pada jadi buronan kumpeni di kampung sendiri.


Kumpeni nyuruh marsose, opas, ama centeng-centeng masuk keluar kampung buat nangkep jawara-jawara. Tapi yang dicari susah banget ketemu. Malahan ada jawara yang udah dikepung Kumpeni pake bisa lolos. Tapi kalau pas giliran ketemu urusannya malah jadi tambah keblangsak. Serdadu Belanda dibikin pulang tinggal nama alias ko’it. Centeng-centeng habis digaplokin sampai bonyok-bonyok. Dari sekian banyak jawara yang selamat gak ketangkep, ada jawara –jawara yang justru mati ditangan Kumpeni. Entong Gendut ama Pitung hidup di satu jaman, tapi dua-duanya mati diberondong peluru emas marsose. Entong Gendut ditembak mati di kali Ciliwung Condet, kalau Pitung ditembak mati di Marunda. Tapi itu mayit-mayit jawara dikubur jiwa perjuangannya gak ikut terkubur, malah perjuangannya makin berkobar dilanjutin ama jawara-jawara Betawi lain.
ariefnamai likes this.
Reply With Quote
  #2  
Old 10 June 2013, 11:26
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 38,341
Thanks: 30
Thanked 47 Times in 39 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Jaman dulu kalo gak sakti ya di buat bulan2an kompeni dan centeng2 ...
Reply With Quote
  #3  
Old 10 June 2013, 12:49
ri4nx's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: solo
Posts: 24,342
Thanks: 0
Thanked 241 Times in 187 Posts
ri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top member
Default

orang dulu pada sakti sakti dan jago jago ya contohnya si pitung yang melegenda...
Reply With Quote
  #4  
Old 11 June 2013, 09:15
akuganteng's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: Dihatimu :*
Posts: 14,852
Thanks: 4
Thanked 187 Times in 148 Posts
akuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top memberakuganteng super top member
Default

itu makanya banyak jawara tempo dulu ya gan
Reply With Quote
  #5  
Old 11 June 2013, 09:38
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 12,454
Thanks: 5
Thanked 168 Times in 145 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

sekarang yang ada tinggal jawara korupsi ame jawara pejabat tukang kawin,...
Reply With Quote
  #6  
Old 11 June 2013, 10:54
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 20,474
Thanks: 24
Thanked 283 Times in 261 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

sekarang sudah tertelan oleh jaman............
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
  #7  
Old 11 June 2013, 11:08
salahsapa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: di belakangmu
Posts: 12,667
Thanks: 13
Thanked 265 Times in 215 Posts
salahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top membersalahsapa super top member
Default

dulu yang kuat bisa jadi centeng...........
Reply With Quote
  #8  
Old 11 June 2013, 16:20
anaa's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: Prince-News.blogspot
Posts: 20,474
Thanks: 24
Thanked 283 Times in 261 Posts
anaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top memberanaa super top member
Default

Quote:
Originally Posted by salahsapa View Post
dulu yang kuat bisa jadi centeng...........
centeng itu apaan um ???
ketua premannya yaaah,,,
__________________
No Siggy Kakaak
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 20:48.