VIVAforum

VIVAforum (http://forum.viva.co.id/index2.php)
-   Sejarah (http://forum.viva.co.id/sejarah/)
-   -   Dinasti dan Candi Candi Peninggalan Syailendra (http://forum.viva.co.id/sejarah/99189-dinasti-dan-candi-candi-peninggalan-syailendra.html)

idgscool 13 April 2011 08:21

Dinasti dan Candi Candi Peninggalan Syailendra
 


Sailendra adalah sebuah nama wangsa, atau dinasti, yang pernah ada di Nusantara. Sailendravamsa, demikian istilahnya dalam bahasa Sanskerta. Kontroversi bermunculan seputar asal-muasal dinasti ini. Hal tersebut karena terdapat peninggalan yang mirip terkait dengan Dinasti Sailendra di Pulau Jawa, Pulau Sumatera, India, dan Kamboja. Menurut teori India, keluarga Sailendra yang terdapat di Nusantara (Sumatera dan Jawa) berasal dari Kalingga (India selatan). Menurut teori Nusantara, Sailendra berasal dari Sumatera dan pindah ke Jawa. Sedangkan menurut teori Funan, diceritakan adanya Ho-ling. Baiklah, kita simpan dulu tentang semua riwayat ini untuk kita pelajari pada kesempatan yang lain.

Candi-candi Peninggalan Dinasti Sailendra

Seperti halnya kerajaan Hindu dan Buddha lainnya, Sailendra juga meninggalkan warisan berupa candi. Pakar sejarah menyatakan bahwa candi-candi Jawa Tengah bagian Selatan yang ditengarai berasal dari abad VIII dan abad IX memiliki ciri khas Buddha. Dari keberadaan candi ini kemungkinan besar Dinasti Sailendra memiliki pusat kekuasaan di Jawa Tengah bagian Selatan.

Dalam kekuasaannya yang berlangsung selama 60 tahun, Sailendra meninggalkan sebuah ‘masterpiece’ bagi Nusantara, kemudian bagi Indonesia. Ialah Candi Borobudur, salah satu candi Buddha terbesar di dunia. Keberadaan Candi Borobudur ini telah termasyur di seluruh dunia sehingga di sini tidak perlu untuk dijabarkan lebih jauh lagi. Candi-candi apa sajakah yang termasuk sebagai peninggalan Dinasti Sailendra? Berikut ini saya sebutkan 4 (empat) candi lainnya.

1. Candi Ngawen

Candi Ngawen berada tidak jauh dari Candi Mendut. Candi ini terdapat di Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, Kota Magelang. Estimasi pembangunan candi ini adalah abad VIII. Bukti tertulis riwayat Candi Ngawen terdapat pada Prasasti Karang Tengah yang berangka tahun 824.

Candi Ngawen terdiri atas lima buah candi kecil (2 candi memiliki bentuk yang berbeda, dengan keempat sudut terdapat patung singa). Salah satu candi kecil memiliki patung Buddha dengan posisi duduk Ratnasambawa.

2. Candi Mendut

Candi Mendut didirikan oleh Raja Indra, raja pertama Sailendra. Candi ini ditengarai lebih tua dibandingkan Candi Borobudur. Bentuknya persegi empat. Candi yang memiliki pintu masuk dan ruangan ini memiliki tiga buah arca. Tiga buah arca yang berada di dalam ruangan candi ini diberi nama Buddha Cakyamurti, Avalokiteswara Sang Bodhisatva, dan Maitreya Sang Bodhisatva. Seperti halnya Candi Borobudur, Candi Mendut juga menjadi tempat spesial pada perayaan Hari Raya Waisak.

3. Candi Pawon

Bagi para pencinta wisata candi, setelah mengunjungi Candi Mendut, lanjutkanlah perjalanan ke Candi Pawon. Banyak pendapat menyatakan bahwa candi ini adalah versi pendahulu dari Candi Borobudur. Jika ditarik garis, Candi Pawon berada di tengah-tengah antara Candi Mendut dan Candi Borobudur.

4. Candi Kalasan

Nama lain dari candi ini adalah Kalabening. Estimasi pendiri candi ini adalah Raja Panangkaran, penguasa kedua Kerajaan Mataram Hindu. Menurut Prasasti Kalasan (angka tahun 778), guru sang raja berhasil membujuk Maharaja Tejahpura Panangkarana yang merupakan mustika keluarga Sailendra (Sailendra Wamsatilaka) untuk mendirikan bangunan suci bagi dewa Tara.

spicegirl 13 April 2011 08:22

nice info gan

grobakz 13 April 2011 08:23

BOROBUDUR NGGA TRMSUK Y GAN :rofl::rofl::rofl::rofl:

bayu ninja 13 April 2011 08:26

numpang sedot....

blogger 13 April 2011 08:30

:mantap::mantap:

Kampret 505 13 April 2011 08:31

mANTAB iNFONYA gAN :mantap::mantap:

Happy Banget 13 April 2011 08:32

Dinasti dan Candi Candi Peninggalan Syailendra MANTAB NIH THANKS YAW

rizalzidan78 13 April 2011 08:33

:mantap::mantap::mantap::mantap:

idgscool 13 April 2011 08:59

Quote:

Originally Posted by spicegirl (Post 1372983)
nice info gan

ok lah kk:mantap:

idgscool 13 April 2011 10:27

Quote:

Originally Posted by grobakz (Post 1372987)
BOROBUDUR NGGA TRMSUK Y GAN :rofl::rofl::rofl::rofl:

gak gan:hore::hore:


All times are GMT +7. The time now is 14:01.

Powered by vBulletin® Version 3.8.0
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.