VIVAforum

VIVAforum (http://forum.viva.co.id/index2.php)
-   Sejarah (http://forum.viva.co.id/sejarah/)
-   -   Wayang dari Janur Karya Anak SD (http://forum.viva.co.id/sejarah/99206-wayang-dari-janur-karya-anak-sd.html)

samudra27 13 April 2011 08:54

Wayang dari Janur Karya Anak SD
 
Konon, wayang janur sudah ada sejak ratusan tahun silam. Pada masa itu, anak-anak umur sekitar 10 tahun sudah memiliki tanggung jawab untuk bekerja, misalnya menggembala ternak. "Sambil kerja supaya tidak suntuk mereka bikin wayang janur. Lalu bermain wayang janur bersama teman-teman. Wayang janur ini mainan," kata Didi, instruktur workshop wayang di Museum Wayang, Jakarta.

Di masa liburan, coba ajak anak Anda mampir ke Museum Wayang. Selain bisa melihat aneka wayang dalam negeri maupun luar negeri, program menarik dari museum ini adalah workshop wayang. Anak-anak maupun orang dewasa dapat berkarya membuat wayang dari janur.

Wayang janur aslinya tidak memiliki rangka. Cara pembuatannya benar-benar hanya dianyam seperti sedang membuat ketupat. Si kecil bisa melihat wujud asli wayang janur dari masa silam di antara koleksi Museum Wayang.

Namun, kunjungan akan makin menarik jika anak mencoba berkarya wayang janur. Tenang saja, pihak museum membuat kerangka wayang agar memudahkan peserta. Workshop wayang sendiri baru dimulai dua tahun yang lalu. Didi menuturkan untuk bahan telah disiapkan pihak museum. Sebelumnya, janur direbus dulu agar layu. Anak mulai dari kelas 4 SD yang biasa mengambil pelatihan membuat wayang janur.

"Satu wayang pertama-tama pas melilitkan janur ke kerangka kita bantu dulu. Nanti anak-anak terusin. Kadang anak mengerjakan asal, tapi gak papa. Karena itu berarti ada keberanian. Daripada dibuatin mending bikin sendiri, kreasi sendiri walau tidak bagus," ujar Didi.

Karena itu, lanjutnya, membuat wayang janur ini selain mengajar kreativitas, juga melatih keberanian. "Ada yang ragu-ragu padahal sudah benar. Yang penting berani coba, salah atau tidak urusan belakangan," tambahnya.

Saat menganyam janur pun anak akan terlatih berimajinasi. Sebab, hanya dari kerangka sederhana nantinya akan menjadi berbentuk tokoh wayang yaitu Bima. Bisa dipastikan keseruan anak saat berusaha melilit janur. Rumit dan perlu ketelitian. "Lucu anak-anak itu. Ada yang merasa susah sampai dibanting. Tapi biarkan saja, jangan dimarahin. Biar dia belajar terus. Kalau sudah jadi, nanti dia senang sendiri. Ada proses belajar," cerita Didi sambil tertawa.

Selain workshop wayang janur, ada pula workshop wayang dari kardus atau karton. Menurut Didi, wayang kardus jarang ada yang minta. Karena tidak seunik wayang janur. "Kalau anak-anak kecil usia TK ada yang wayang mewarnai. Ini cocol untuk anak sampai SD kelas 1-2. Mending yang mewarnai. Daripada nanti pusing menganyam," katanya.

Ia berharap untuk jangka panjang, kegiatan workshop akan membuat anak mengenal dan menjadi suka pada tokoh wayang. Hal ini pun akan membuat wayang jadi lestari. "Makanya dari 500 anak misalnya yang datang, masa sih gak ada satu saja yang tertarik. Jadi dimulai dari kecil. Pengenalan wayang lewat membuat workshop wayang," ungkapnya.

Workshop wayang diadakan Setiap hari, kecuali pada hari pagelaran wayang. Namun, Didi menyarankan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar pihak workshop dapat menyiapkan bahan. Harga workshop wayang janur pun sangat murah, hanya Rp 15 ribu. Si kecil bisa datang dalam rombongan maupun pribadi. Tertarik membuat wayang janur? Mampir saja ke Museum Wayang yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat.
:ampun:
baca juga budaya adiluhung kita: wayang-wayang yang tersayang

blogger 13 April 2011 08:55

kreatif!! :mantap:

spicegirl 13 April 2011 08:55

mantab gan :ngakak2::ngakak2:

Kampret 505 13 April 2011 08:56

Kreatif Juga Ya Gan

bayu ninja 13 April 2011 08:56

mainanku waktu kecil nih gan ...

Happy Banget 13 April 2011 08:58

mantab lanjutkan na kreasimu:mantap::mantap::mantap:

idgscool 13 April 2011 09:00

keren kk:mantap:

ruang hangat 13 April 2011 10:29

wuuuuuuuuuuuuuuuiiiiiiii aku mau dong dibuatin ;)

samudra27 13 April 2011 19:46

Quote:

Originally Posted by Happy Banget (Post 1373182)
mantab lanjutkan na kreasimu:mantap::mantap::mantap:

danaynya mana Bapak? kata anak-anak :D

ikada 13 April 2011 19:50

mantab gan :mantap:


All times are GMT +7. The time now is 19:46.

Powered by vBulletin® Version 3.8.0
Copyright ©2000 - 2014, Jelsoft Enterprises Ltd.