VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 13 April 2011, 08:54
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Thumbs up Wayang dari Janur Karya Anak SD

Konon, wayang janur sudah ada sejak ratusan tahun silam. Pada masa itu, anak-anak umur sekitar 10 tahun sudah memiliki tanggung jawab untuk bekerja, misalnya menggembala ternak. "Sambil kerja supaya tidak suntuk mereka bikin wayang janur. Lalu bermain wayang janur bersama teman-teman. Wayang janur ini mainan," kata Didi, instruktur workshop wayang di Museum Wayang, Jakarta.

Di masa liburan, coba ajak anak Anda mampir ke Museum Wayang. Selain bisa melihat aneka wayang dalam negeri maupun luar negeri, program menarik dari museum ini adalah workshop wayang. Anak-anak maupun orang dewasa dapat berkarya membuat wayang dari janur.

Wayang janur aslinya tidak memiliki rangka. Cara pembuatannya benar-benar hanya dianyam seperti sedang membuat ketupat. Si kecil bisa melihat wujud asli wayang janur dari masa silam di antara koleksi Museum Wayang.

Namun, kunjungan akan makin menarik jika anak mencoba berkarya wayang janur. Tenang saja, pihak museum membuat kerangka wayang agar memudahkan peserta. Workshop wayang sendiri baru dimulai dua tahun yang lalu. Didi menuturkan untuk bahan telah disiapkan pihak museum. Sebelumnya, janur direbus dulu agar layu. Anak mulai dari kelas 4 SD yang biasa mengambil pelatihan membuat wayang janur.

"Satu wayang pertama-tama pas melilitkan janur ke kerangka kita bantu dulu. Nanti anak-anak terusin. Kadang anak mengerjakan asal, tapi gak papa. Karena itu berarti ada keberanian. Daripada dibuatin mending bikin sendiri, kreasi sendiri walau tidak bagus," ujar Didi.

Karena itu, lanjutnya, membuat wayang janur ini selain mengajar kreativitas, juga melatih keberanian. "Ada yang ragu-ragu padahal sudah benar. Yang penting berani coba, salah atau tidak urusan belakangan," tambahnya.

Saat menganyam janur pun anak akan terlatih berimajinasi. Sebab, hanya dari kerangka sederhana nantinya akan menjadi berbentuk tokoh wayang yaitu Bima. Bisa dipastikan keseruan anak saat berusaha melilit janur. Rumit dan perlu ketelitian. "Lucu anak-anak itu. Ada yang merasa susah sampai dibanting. Tapi biarkan saja, jangan dimarahin. Biar dia belajar terus. Kalau sudah jadi, nanti dia senang sendiri. Ada proses belajar," cerita Didi sambil tertawa.

Selain workshop wayang janur, ada pula workshop wayang dari kardus atau karton. Menurut Didi, wayang kardus jarang ada yang minta. Karena tidak seunik wayang janur. "Kalau anak-anak kecil usia TK ada yang wayang mewarnai. Ini cocol untuk anak sampai SD kelas 1-2. Mending yang mewarnai. Daripada nanti pusing menganyam," katanya.

Ia berharap untuk jangka panjang, kegiatan workshop akan membuat anak mengenal dan menjadi suka pada tokoh wayang. Hal ini pun akan membuat wayang jadi lestari. "Makanya dari 500 anak misalnya yang datang, masa sih gak ada satu saja yang tertarik. Jadi dimulai dari kecil. Pengenalan wayang lewat membuat workshop wayang," ungkapnya.

Workshop wayang diadakan Setiap hari, kecuali pada hari pagelaran wayang. Namun, Didi menyarankan untuk melakukan konfirmasi terlebih dahulu agar pihak workshop dapat menyiapkan bahan. Harga workshop wayang janur pun sangat murah, hanya Rp 15 ribu. Si kecil bisa datang dalam rombongan maupun pribadi. Tertarik membuat wayang janur? Mampir saja ke Museum Wayang yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta, tepatnya di Jl. Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat.

baca juga budaya adiluhung kita: wayang-wayang yang tersayang

Last edited by samudra27; 13 April 2011 at 09:05.
Reply With Quote
  #2  
Old 13 April 2011, 08:55
blogger's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 17,130
Thanks: 6
Thanked 77 Times in 61 Posts
blogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top memberblogger super top member
Default

kreatif!!
Reply With Quote
  #3  
Old 13 April 2011, 08:55
spicegirl's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: bekasi
Posts: 1,893
Thanks: 1
Thanked 20 Times in 18 Posts
spicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top memberspicegirl super top member
Default

mantab gan
Reply With Quote
  #4  
Old 13 April 2011, 08:56
Kampret 505's Avatar
Banned
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 15,853
Thanks: 1
Thanked 151 Times in 126 Posts
Kampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top memberKampret 505 super top member
Default

Kreatif Juga Ya Gan
Reply With Quote
  #5  
Old 13 April 2011, 08:56
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 44,179
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

mainanku waktu kecil nih gan ...
Reply With Quote
  #6  
Old 13 April 2011, 08:58
Happy Banget's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Feb 2011
Location: mokuu.com
Posts: 17,188
Thanks: 2
Thanked 90 Times in 81 Posts
Happy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top memberHappy Banget super top member
Thumbs up

mantab lanjutkan na kreasimu
Reply With Quote
  #7  
Old 13 April 2011, 09:00
idgscool's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: www.fotoartis.biz
Posts: 17,859
Thanks: 5
Thanked 364 Times in 272 Posts
idgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top memberidgscool super top member
Default

keren kk
Reply With Quote
  #8  
Old 13 April 2011, 10:29
ruang hangat's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: surabaya
Posts: 626
Thanks: 11
Thanked 6 Times in 5 Posts
ruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur leburruang hangat member hancur lebur
Default

wuuuuuuuuuuuuuuuiiiiiiii aku mau dong dibuatin ;)
Reply With Quote
  #9  
Old 13 April 2011, 19:46
samudra27's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Dec 2010
Location: samudrabirucinta
Posts: 7,638
Thanks: 18
Thanked 141 Times in 121 Posts
samudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top membersamudra27 super top member
Default

Quote:
Originally Posted by Happy Banget View Post
mantab lanjutkan na kreasimu
danaynya mana Bapak? kata anak-anak
Reply With Quote
  #10  
Old 13 April 2011, 19:50
ikada's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Apr 2011
Location: pati
Posts: 26,179
Thanks: 85
Thanked 423 Times in 308 Posts
ikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top memberikada super top member
Default

mantab gan
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 07:32.