VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 28 November 2013, 17:19
susianasusanto susianasusanto is offline
Junior Member
 
Join Date: Oct 2013
Location: 20
Posts: 141
susianasusanto is an unknown quantity at this point
Default Tari Campak dari Bangka Belitung

Tari Campak ini berasal dari daerah Kepulauan Bangka Belitung, tari mejelaskan tentang pergaulan yang menggambarkan kegembiraan kaum muda mudi. Tarian ini biasanya dibawakan berpasangan oleh laki-laki dan perempuan.

Menurut cerita, tari Campak aslinya berasal dari Pulau Lingga di Riau. Tarian ini kemudian dibawa ke Bangka Belitung sekitar abad ke 18 oleh orang yang bernama Nek Campak. Mungkin karena yang mengembangkan tarian ini bernama Nek Campak, tarian ini kemudian diberi nama Tari Campak.

Perkembangan mengenai Tari Campak ini pernah mengalami akulturasi dengan budaya Eropa, khususnya bangsa Portugis. Karena di masa itu Kepulauan Bangka Belitung berada dibawah jajahan Portugis. Pengaruh ini dapat dilihat dari salah satu alat musik pengiringnya yang berasal dari Eropa yaitu akordion.



Budaya Eropa membawa pengaruh terhadap Tarian Campak ini dan dapat dilihat dari alat musik pengiringnya yaitu akordion. Pengaruh ini tampak juga pada busana modern Eropa yang dipakai penari perempuannya, seperti gaun panjang, topi, dan sepatu berhak tinggi. Sedangkan penari laki-laki mengenakan busana tradisional yakni kemeja, celana panjang, peci, dan selendang.

Walaupun mendapat pengaruh dari budaya Eropa, tari campak Bangka Belitung tetap merupakan tari tradisional karena memiliki nilai-nilai budaya lokal yang dipertahankan. Tari campak biasanya dibawakan untuk merayakan waktu musim panen padi. Selain itu tari yang penuh keceriaan sering dibawakan para muda mudi sepulangnya dari ume atau kebun. Dalam perkembangannya tari campak juga dipertunjukan dalam pesta-pesta adat seperti penyambutan tamu dan pernikahan.

Pagelaran tari campak selalu meriah dan menarik hati. Para penari tidak hanya menari berpasang-pasangan mengikuti irama musik, mereka juga melantunkan pantun. Mereka saling berbalas pantun sampai akhirnya penari laki-laki merasa kalah. Uniknya, setelah kalah membalas pantun penari laki-laki harus memberikan uang kepada penari perempuan. Kemeriahan gerak tari dan lantunan pantun yang dibawakan oleh para penari tari campak diiringi oleh alat musik tradisional seperti gong dan gendang serta alat musik modern Eropa yaitu akordion dan biola.


SUMBER
Reply With Quote
  #2  
Old 7 December 2013, 16:36
k1n9's Avatar
k1n9 k1n9 is offline
Senior Member
 
Join Date: Jan 2013
Location: indonesia
Posts: 683
k1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top memberk1n9 super top member
Default

beraneka ragam budaya bangsa tercinta
Reply With Quote
  #3  
Old 7 December 2013, 17:49
susianasusanto susianasusanto is offline
Junior Member
 
Join Date: Oct 2013
Location: 20
Posts: 141
susianasusanto is an unknown quantity at this point
Default re:

iya gan , kita kudu menjaga kelestarian adat budaya bangsa kita sendiri jgn sampe diklaim jgn jadi milik sendiri
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
di belitung, mobil, sewa

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 02:39.