VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 1 August 2012, 09:59
indaacil's Avatar
Banned
 
Join Date: Apr 2012
Location: 20
Posts: 194
Thanks: 0
Thanked 8 Times in 8 Posts
indaacil is an unknown quantity at this point
:peluk: 10 Jenis Mainan Anak Jaman Dulu


1. Taplak Gunung
Mainan ini biasa dimainin sama anak cewek, tapi anak cowok juga sering nyobain demi menjalin pedekate sama anak cewek. Mainnya lempar batu, sampe mencapai level tertinggi (gunung), bahkan ada lagi level lebih tinggi diciptain, level bintang. Entah kenapa
namanya taplak gunung, padahal gunungnya nggak ditutupin pake taplak.

2. Gasing
Gasing / Gangsing / Panggal adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali.

3. Monopoli
Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

4. Kelereng
Permainan paling ngangenin bagi kaum cowok (bukan karena punya kelereng), tapi pasti inget masa jayanya main kelereng menang terus sampe punya beberapa toples kelereng.

5. Layangan
Paling cocok dimainin pas hari berangin kayak akhir-akhir ini. Peringatan: dapat menyebabkan kulit hitam dan rambut jadi berwarna gaul.

6. Petak Umpet
Petak umpet adalah sejenis permainan yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.

7. Ular Naga
Ular Naga adalah satu permainan berkelompok yang biasa dimainkan di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga lebih, anak-anak umur 5-12 tahun (TK - SD).

8. Congklak
Congkak adalah suatu permainan tradisional yang dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.

9. Pletokan
Pletokan dibuat dari bambu, panjang 30 cm dengan diameter 1-1/2 cm. Bambu dipilih yang kuat dan tua supaya tidak cepat pecah. Bambu dibagi dua. Untuk penyodok, bambu diraut bundar sesuai dengan lingkaran laras dan bagian pangkal dibuat pegangan sekitar 10 cm. Potongan bambu yang lain, ujungnya ditambahkan daun pandan atau daun kelapa yang dililit membentuk kerucut supaya suaranya lebih nyaring. Peluru dibuat dari kertas yang dibasahkan, kembang, atau pentil jambu air. Peluru dimasukkan ke lubang laras sampai padat lalu disodok.

10. bola Bekel
Permainan bekel umumnya dimainkan oleh anak-anak perempuan tapi permainan ini juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Bekel merupakan permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Tetapi pada saat bersamaan harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan.
Quote:
Itulah Permainan Jaman Dulu yang Telah Terlupakan versi ane gan.. Mari kita kenalkan kembali permainan permainan ini ke generasi di bawah kita gan.. Sayang banget mereka ga bisa nikmatin keasikan bermain permainan permainan ini hanya karena tuntutan jaman.. Kalau ane sih suatu hari nanti kalau ane udah punya anak pasti ane kenalin permainan permainan ini.

Sumber: 10 Jenis Mainan Anak Jaman Dulu



Baca Juga:
Harvey Webb, Bocah Yang Tak Bisa Melihat Cahaya
Foto: Ilusi Lukisan Yang Memukau
Foto: Model Rambut Paling Aneh
30 Kesempurnaan Dalam Puasa Ramadhan
Uniknya Desa Rambut Panjang Di China
Inilah Kekeliruan Yang Sering Dilakukan Umat Muslim Selama Ramadhan
Gadis 5 Tahun Yang Hidup Dengan Kawanan Sapi
Reply With Quote
  #2  
Old 1 August 2012, 20:00
ri4nx's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: solo
Posts: 25,310
Thanks: 0
Thanked 242 Times in 188 Posts
ri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top member
Default

jadi ingat mainan jamn dulu
Reply With Quote
  #3  
Old 1 August 2012, 20:01
kora-kora kuya's Avatar
Gold Member
 
Join Date: Nov 2010
Location: KotaKita
Posts: 5,003
Thanks: 11
Thanked 8 Times in 3 Posts
kora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top memberkora-kora kuya super top member
Default

permainan opa mama kita jaman dulu
Reply With Quote
  #4  
Old 2 August 2012, 10:11
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,479
Thanks: 13
Thanked 568 Times in 359 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

hahahahha jadi inget ni gua pada masa masa lalu gua yang indah banget
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #5  
Old 4 August 2012, 11:50
khira Male
Guest
 
Posts: n/a
Default

Kangen sama maenan tradisional.. Anak" jaman sekarang udah ga ada orang memperkenalkan mainan tersebut.. dan bagaimana cara memainkannya..
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 06:17.