VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 2 March 2013, 11:07
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 16,030
Thanks: 2
Thanked 123 Times in 111 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default "Gobak Sodor" Permainan Tradisional Berkelompok Yang Mulai Di Lupakan



Galah asin, galasin, atau gobak sodor adalah sejenis permainan daerah dari Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.


Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat dengan ukuran 9 x 4 m yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan kapur.




Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas.


Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.


kalau di makassar nama nya main asing. seorang pemain bertindak sebagai peluncur (kapten). permainan ini seru melatih ketangkasan, strategi, kecepatan, dan kecerdikan.

Reply With Quote
  #2  
Old 3 March 2013, 07:48
nanabali's Avatar
Moderator In Training
 
Join Date: Apr 2011
Location: Kuta-Bali-Indonesia
Posts: 3,039
Thanks: 5
Thanked 3 Times in 2 Posts
nanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top membernanabali super top member
Default

iya nihh...kalo dibali namany gala-gala...anak skrg ga tau nehh mainan ky gini padahal seruuu...jd inget masih SD
Reply With Quote
  #3  
Old 4 March 2013, 14:28
samanaleya Male
Guest
 
Posts: n/a
Thumbs up

Keren, dulu anak anak main gobak sodor di halaman depan rumah, seru banget. Kata bapakku, ini permainan dari Inggris, go back so dorr ( maksain banget ya) tapi keren keren.
Reply With Quote
  #4  
Old 4 March 2013, 16:37
chikaarif's Avatar
Senior Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: jl.p.batam raya
Posts: 595
Thanks: 8
Thanked 2 Times in 2 Posts
chikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top memberchikaarif super top member
Default

gw paling demen nie main ini dulu , kalo sekarang ada temennya aja masih mau gw.... posisi langganan gw yg di tengah, paling rempooonnnggg, karna musuh keluar masuk trus kadang tabrakan sama yg jaga vertikal...tapi seruuuu
Reply With Quote
  #5  
Old 5 March 2013, 15:45
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,473
Thanks: 13
Thanked 568 Times in 359 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

hahahaha itu dulu kan mainan kesuakan ane gan
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #6  
Old 5 March 2013, 19:52
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 44,229
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Anak anak sekarang mainanya Tablet android sama game consol
Reply With Quote
  #7  
Old 6 March 2013, 00:27
nindi's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 16,030
Thanks: 2
Thanked 123 Times in 111 Posts
nindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top membernindi super top member
Default

Quote:
Originally Posted by bayu ninja View Post
Anak anak sekarang mainanya Tablet android sama game consol
iya bener gan,... ane teringat masa kecil dulu mainannya ginian
Reply With Quote
  #8  
Old 6 March 2013, 22:26
duniaunik's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 11,390
Thanks: 19
Thanked 176 Times in 148 Posts
duniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top member
Default

waaah bener bener udah ilang nih permainan gan kalah dengan teknologi
__________________
metode mudah mendapatkan wanita kaya dan cantik di facebook klik www.infotante.com trust me its work !
Reply With Quote
  #9  
Old 6 March 2013, 23:01
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 14,128
Thanks: 5
Thanked 170 Times in 147 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

Quote:
Originally Posted by nindi View Post
iya bener gan,... ane teringat masa kecil dulu mainannya ginian
sekarang sudah jarang anak kecil mainan ginian ya,..???
Reply With Quote
  #10  
Old 7 March 2013, 17:41
sutantantina's Avatar
Junior Member
 
Join Date: May 2012
Location: 20
Posts: 138
Thanks: 0
Thanked 0 Times in 0 Posts
sutantantina is an unknown quantity at this point
Default

Kalau dulu, ini mainan yang mengasikkan hingga lupa waktu. Di tempatku namanya Gala Santang
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 03:28.