VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 8 March 2013, 11:37
kanginter's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Feb 2012
Location: drakul
Posts: 1,156
Thanks: 23
Thanked 27 Times in 25 Posts
kanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top member
Default ‘Iket Sunda Harus Jadi Gaya Hidup Sehari-hari’

CIAMIS,FOKUSjabar.com:Budayawan Sunda asal Galuh Ciamis Aip Saripudin mengajak seluruh warga masyarakat, terutama kalangan pelajar dan mahasiswa untuk turut menjaga dan memilihara budaya tanah leluhur dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita harus bangga dengan budaya kita, jadikan budaya sendiri sebagai gaya hidup kita dalam sehari-hari dan tidak usah malu dengan budaya sendiri misalnya mengenakan iket Sunda,”kata Aip Saripudin, Kamis (7/3) saat berkunjug ke kantor PWI Perwakilan Ciamis.



Aip Saripudin menuturkan,saat ini sejumlah budayawan Ciamis khususnya dan umumnya budayawan Sunda di Jabar tengah menghidupkan kembali tradisi menggunakan totopong (iket kepala sunda). Karena itu, besar harapan mahasiswa dan pelajar serta masyarakat tatar Galuh Ciamis dapat mendukung hal itu.

“Tradisi budaya dan kecintaan generasi muda terhadap budayanya harus terus dikembangkan.Kita bangsa yang kaya akan budaya,mari kita bersama-sama menjaga budaya bangsa agar tetap terjaga hingga generasi berikutnya,” ajak Aip Saripudin.

Dijelaskan Aip Saripudin, iket merupakan tradisi dan ciri orang Sunda dimana menggunakan iket merupakan kehormatan bagi orang Sunda.Iket dalam budaya sunda memiliki filosofi dan secara tersurat bermakna produk yang diciptakan dan dipakai leluhur Bangsa Sunda sebagai ciri khas budayanya.

sumber :

‘Iket Sunda Harus Jadi Gaya Hidup Sehari-hari’ | fokusjabar.com
Reply With Quote
  #2  
Old 8 March 2013, 12:31
ri4nx's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: solo
Posts: 25,310
Thanks: 0
Thanked 242 Times in 188 Posts
ri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top memberri4nx super top member
Default

BUDAYA sendiri harus jadi taun rumah di negara sendiri jangan kalah dengan budaya asing ,,,,
Reply With Quote
  #3  
Old 8 March 2013, 13:58
grobakz's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Mar 2011
Location: purwokerto
Posts: 14,130
Thanks: 5
Thanked 170 Times in 147 Posts
grobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top membergrobakz super top member
Default

yang seperti ini memang sudah seharusnya dijaga dan dikembangkan,..tapi saya bukan orang sunda jadi gak bisa makenya,...
Reply With Quote
  #4  
Old 8 March 2013, 13:58
hktoyshop's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2009
Location: http://hk-toys.com
Posts: 35,479
Thanks: 13
Thanked 568 Times in 359 Posts
hktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top memberhktoyshop super top member
Default

susah kayaknya gan ngiketnya..
__________________
mampir gan di mari blog ane yang pingin ketawa
http://gambar.humor-jorok.com
Reply With Quote
  #5  
Old 11 March 2013, 11:30
kanginter's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Feb 2012
Location: drakul
Posts: 1,156
Thanks: 23
Thanked 27 Times in 25 Posts
kanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top member
Default

Quote:
Originally Posted by ri4nx View Post
BUDAYA sendiri harus jadi taun rumah di negara sendiri jangan kalah dengan budaya asing ,,,,
setuju gan... emang harus dilestarikan budaya INdonesia....
Reply With Quote
  #6  
Old 15 March 2013, 08:51
bayu ninja's Avatar
Super Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 44,179
Thanks: 32
Thanked 48 Times in 40 Posts
bayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top memberbayu ninja super top member
Default

Gimana mau di iket ,,, rambutnya aja di model mirip Lee Min Ho .. ngga kliatan donk ntar .. ank skrg kan korban mode
Reply With Quote
  #7  
Old 15 March 2013, 09:48
ridoblax's Avatar
Moderator
 
Join Date: Jun 2011
Location: D-BANX
Posts: 12,213
Thanks: 35
Thanked 127 Times in 98 Posts
ridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top memberridoblax super top member
Default

tiap budaya Indonesia memang harus di budidayakan..........
Reply With Quote
  #8  
Old 16 March 2013, 23:30
duniaunik's Avatar
Platinum Member
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 11,397
Thanks: 19
Thanked 176 Times in 148 Posts
duniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top memberduniaunik super top member
Default

CPDN tuh yah gan alias cinta prodak dalam negri
__________________
metode mudah mendapatkan wanita kaya dan cantik di facebook klik www.infotante.com trust me its work !
Reply With Quote
  #9  
Old 18 March 2013, 11:39
kanginter's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Feb 2012
Location: drakul
Posts: 1,156
Thanks: 23
Thanked 27 Times in 25 Posts
kanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top memberkanginter super top member
Default

Quote:
Originally Posted by duniaunik View Post
CPDN tuh yah gan alias cinta prodak dalam negri
bener tuh gan,,,, budaya Indonesia
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 01:53.