VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
LinkBack Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 25 October 2011, 08:33
santilm's Avatar
New Member
 
Join Date: Oct 2011
Location: Yogyakarta
Posts: 30
Thanks: 0
Thanked 2 Times in 2 Posts
santilm is an unknown quantity at this point
:ngumpul:

Nice info gan...!!!
Buat agan-agan yg udah jadi karyawan n' sdg bosen ma kerjaannya.

Nih..ane kasih resep yg pernah ane baca Tips Sukses Mengatasi Stress Kerja | BisnisUKM.com

Smg bermanfaat !!!
Reply With Quote
  #2  
Old 15 June 2012, 18:09
alprablog's Avatar
Silver Member
 
Join Date: Dec 2011
Posts: 0
Thanks: 0
Thanked 13 Times in 12 Posts
alprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top memberalprablog super top member
Default

nice info gan, di baca dulu, buat jaga", hehe
Reply With Quote
  #3  
Old 21 June 2012, 14:24
bams_cool's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: Dunia Penuh Cinta
Posts: 356
Thanks: 5
Thanked 8 Times in 7 Posts
bams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top member
Post Tips Menghadapi Behavioral Interview

Selama behavioral interview (interview perilaku), Anda akan ditanyakan sejumlah pertanyaan standar yang telah dirancang agar Anda menceritakan bagaimana Anda menangani atau merespon situasi tertentu di masa lalu. Pada setiap jawaban, Anda diharapkan menjelaskan situasi masa lalu Anda serta apa perasaan dan observasi Anda mengenai situasi tersebut. Informasi tersebut akan digunakan oleh pewancara untuk menilai kelayakan Anda pada posisi-posisi yang berkaitan, dimana bisa termasuk apa saja dari kemampuan beradaptasi, kepemimpinan, hingga pemecahan masalah.

Bentuknya bisa berubah menjadi percakapan ataupun sejumlah daftar pertanyaan formal yang harus dijawab. Pewancara telah memiliki pertanyaan lanjutan dan mendalam untuk mengetahui detail dan menggali lebih dalam lagi semua aspek dari situasi ataupun pengalaman yang Anda ceritakan.

Seperti apa pertanyaan-pertanyaannya?
Biasanya dimulai dengan kalimat seperti: “Ceritakan kepada saya ketika….” Atau “Bisakah Anda jelaskan situasi dimana…..”.
Berikut ini beberapa contoh pertanyaannya:

1. Jelaskan sebuah masalah sulit yang pernah Anda coba pecahkan. Bagaimana Anda mengidentifikasinya? Bagaimana Anda memecahkannya? (Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah)

2. Jelaskan ketika Anda pernah membujuk orang lain untuk melakukan sebuah pekerjaan yang tidak mau ia kerjakan. (Menunjukkan kemampuan kepemimpinan)

3. Jelaskan suatu waktu ketika Anda memutuskan sendiri sesuatu hal untuk dikerjakan dan bertanggungjawab untuk menyelesaikannya. (Menunjukkan inisiatif)

Tips Persiapan Menghadapi Interview Perilaku
1. Pahami pekerjaan yang akan diinterview. Baca kembali iklannya atau job descripsinya untuk mengetahui perilaku apa yang dibutuhkan. Kunjungi websitenya ataupun sumber informasi lain mengenai perusahaan tersebut. Buat catatan 2 atau 3 contoh untuk setiap perilaku yang dibutuhkan.

2. Dapat menggambarkan setiap jenis pengalaman yang menunjukkan keahlian dan kemampuan Anda.

3. Gunakan pernyataan dari pimpinan atau customer Anda untuk menjelaskan, contoh :” Atasan saya menilai baik performa saya, mereka menyukai bagaimana saya menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa harus mereka perintahkan.” Ini menunjukkan keinginan Anda menerima masukan, keluwesan, dan kemampuan bekerja dalam sebuah tim.

4. Pikirkan “STAR” – Situation or Task, Action and Result. Ini membantu Anda membuat jawaban yang terstruktur dan focus, membaginya dalam 3 segmen: penjelasan mengenai tugas, kemudian tindakan yang diambil, dan terakhir hasil yang terukur. Hal ini membantu pewancara untuk menggambarkan dan mencatat perilaku khusus untuk setiap peristiwa dan mendapatkan gambaran terbaik dari potensi Anda di masa depan

5. Gunakan contoh peristiwa yang terjadi 12-18 bulan lalu agar Anda ingat detailnya. Berikan kontribusi spesifik Anda dan hasil yang dicapai secara kuantitative,seperti berapa persen waktu dan biaya yang bisa dihemat, akan membantu pewancara mendapatkan gambaran jelas tentang keahlian Anda

6. Praktekkan cerita Anda, cukup satu hingga tiga menit panjangnya. Suatu interview seperti layaknya aktifitas marketing, Anda adalah jualannya. Anda hanya akan diinterview karena resume Anda mendekati keahlian yang mereka butuhkan

7. Anda bisa meminta pewancara untuk memberikan pertanyaan berikutnya apabila Anda terjebak dalam sebuah pertanyaan dan akan menjawabnya kembali nanti.

Kalau ingin tahu contoh-contoh pertanyaannya, silakan langsung ke sumbernya.
Reply With Quote
  #4  
Old 25 June 2012, 09:09
bams_cool's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: Dunia Penuh Cinta
Posts: 356
Thanks: 5
Thanked 8 Times in 7 Posts
bams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top member
Thumbs up 4 Kesalahan Dalam Interview Kerja

Interview kerja merupakan tahapan yang paling penting dalam mencari pekerjaan. Satu kesalahan fatal saja bisa membuat Anda batal mendapatkan pekerjaan impian. Ini beberapa kesalahan yang harus dihindari.

1. Panik dan memberikan jawaban terbata-bata
Inilah alasan Anda harus melakukan persiapan yang matang sebelum wawancara kerja. Jika perlu lakukan simulasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan keluar dalam wawancara, sehingga Anda tak grogi. Satu hal lagi kiat untuk menghindari kepanikan dan jawaban terbata-bata adalah kejujuran. Jika yang Anda ungkapkan adalah sebuah kejujuran, pasti akan mudah mengutarakannya. Jangan sampai Anda dianggap tidak menguasai topik karena kegugupan Anda.

2. Hindari topik sensitif
Sering kali pihak pewawancara melakukan obrolan santai untuk membuat suasana tak terlalu kaku. Untuk hal ini, lebih baik hindari topik-topik yang sensitif seperti politik, dan SARA. Bisa jadi pihak yang Anda sudutkan dalam topik obrolan tersebut memiliki hubungan dekat dengan si pewawancara — sehingga berpengaruh terhadap penilaiannya. Lebih baik pilih topik yang ringan juga netral.

3. Hindari bergosip
Hobi bergosip bisa menjadi alasan Anda ditolak dari pekerjaan impian. Jadi jangan pernah mengajak orang yang mewawancara Anda untuk bergosip.

4. Sok tahu
Jika di saat wawancara saja Anda sudah dinilai sok tahu dan tidak mau mendengarkan orang lain, jangan berharap Anda bisa diterima kerja. Perusahaan umumnya menginginkan orang-orang yang bisa bekerja dalam sebuah tim. Bukan orang sok pintar yang individualis. Jadi jangan pernah bersikap sok tahu.

Penulis : Amelia Ayu Kinanti

Ingin lebih jelas, silakan langsung ke sumbernya.
Reply With Quote
  #5  
Old 26 June 2012, 11:48
lukman92's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Aug 2011
Posts: 450
Thanks: 9
Thanked 8 Times in 8 Posts
lukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top memberlukman92 super top member
Default

mana 28 nya lagi???
Reply With Quote
  #6  
Old 27 June 2012, 09:23
bams_cool's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: Dunia Penuh Cinta
Posts: 356
Thanks: 5
Thanked 8 Times in 7 Posts
bams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top member
Thumbs up Bagaimana Menjawab Pertanyaan Interview KerjaTentang Diri Sendiri?

Ketika pertanyaan yang diajukan sangat personal, tentang Anda, itu bisa menjadi sebuah jebakan. Jawaban di bawah ini adalah panduan sehingga Anda dapat menuliskan jawaban panjang Anda sebelum Anda mengikuti interview kerja. Lalu, ketika pertanyaan tersebut diajukan, Anda dapat mengambil waktu beberapa detik untuk memikirkan pertanyaan itu dan bagaimana Anda membingkai jawaban Anda yang telah Anda sudah tahu.

Apa yang akan Anda lakukan secara berbeda jika Anda bisa memulai hidup baru Anda?
Jawaban terbaik: Saya akan mereview kembali karir saya, saya akan kembali ke sekolah lebih awal untuk menyelesaikan gelar sarjana saya

Bagaimana Anda menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan?
Jawaban Terbaik: Menjadi terorganisir membantu saya menjaga keseimbangan kehidupan profesional saya dan kehidupan pribadi. Karena itu, saya dapat sepenuhnya fokus di tempat kerja. Untuk saat-saat tak terduga, saya memiliki back-up system yang baik untuk mengatasinya.

Apakah Anda memeriksa email ketika berlibur?
Pewawancara bertanya-tanya apakah mereka selalu akan dapat menemukan Anda.
Jawaban Terbaik: Ketika sedang liburan, saya dapat dihubungi untuk keadaan darurat, namun, saya juga mengetahui orang-orang dengan siapa saya bekerja yang sangat mampu membuat keputusan yang baik saat saya pergi. Saya memahami pentingnya refreshing bagi saya.

Apa buku favorit Anda? Apa film favorit anda?
Jawaban Terbaik seperti: Saya membaca berbagai jenis buku. Buku favorit saya sekarang adalah “The seven habits of highly effective people” tulisan Stephen R. Covey. Film favorit saya? “Life is beautiful” . Sesuaikan jawaban Anda dengan apa yang memang menjadi favorit Anda.

Siapakah tokoh sejarah yang Anda kagumi dan mengapa?
Pewawancara ingin tahu apakah Anda suka membaca dan apa karakteristik yang Anda kagumi.
Jawaban Terbaik (termasuk tokoh-tokoh sejarah yang secara pribadi Anda kagumi): Secara pribadi, saya paling kagum dengan Soekarno; dalam kehidupan profesional, saya mengagumi gaya kepemimpinan Steve Jobs.

Apa yang Anda lakukan selama masa enam bulan kesenjangan dalam pekerjaan?
Semua orang, pada titik tertentu, mungkin akan memiliki kesenjangan dalam pekerjaan ketika pertama kali diterima bekerja di tempat baru. Jangan sia-siakan masa-masa tersebut.
Jawaban Terbaik: Untuk bulan pertama, saya menyusun daftar apa yang harus saya kerjakan. Kemudian saya mulai membangun rencana untuk berkontribusi positif di tempat kerja. Sementara itu, saya telah belajar banyak tentang diri saya sendiri, saya merenung sejenak dan melihat ke depan untuk tantangan baru di tempat kerja.

Sumber
Reply With Quote
  #7  
Old 4 July 2012, 08:44
bams_cool's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jan 2011
Location: Dunia Penuh Cinta
Posts: 356
Thanks: 5
Thanked 8 Times in 7 Posts
bams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top memberbams_cool super top member
Unhappy 10 Tips Berpakaian yang Tepat untuk Wawancara Kerja

Penampilan merupakan salah satu kunci yang perlu diperhatikan ketika hendak melakukan wawancara kerja. Hal ini merupakan cara untuk menunjukkan kesan pertama yang baik. Semakin baik penampilan, maka Anda juga akan semakin percaya diri.

Berpakaian dengan rapi dan sopan juga dapat menunjukkan profesionalisme Anda. Sehingga memungkinkan untuk membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Seperti dikutip dari Stylish and Trendy, ada beberapa tips dalam berpakaian saat wawancara kerja yang perlu diketahui.

1. Hindari pemakaian parfum yang terlalu menyengat. Parfum dengan aroma yang terlalu menyengat dapat membuat orang yang berada di sekeliling Anda termasuk si pewawancara merasa pusing bahkan alergi sekalipun. Jadi sebaiknya kenakan parfum secukupnya saja.

2. Hindari pemakaian sepatu yang terbuka, mewah dan mencolok. Sebaiknya memakai sepatu kerja dengan hak tidak terlalu tinggi. Pastikan pula sepatu yang digunakan sesuai dengan warna dan model pakaian yang dikenakan.

3. Saat ingin melakukan wawancara kerja, jangan sampai memakai busana yang terlalu kasual. Alangkah baiknya mengenakan busana berupa kemeja, rok dan blazer. Dengan memakai pakaian tersebut, Anda mengkomunikasikan kepada pewawancara bahwa Anda dewasa, profesional dan bisa menjadi anggota dari sebuah tim. Hindari juga pakaian yang terlalu ketat. Selain tidak nyaman, pakaian yang terlalu ketat juga tidak enak untuk dipandang.

4. Pastikan pakaian Anda serasi. Cobalah untuk memilih warna yang netral seperti hitam, putih, biru gelap atau cokelat. Sebisa mungkin hindari warna yang terlalu cerah dan mencolok seperti pink dan merah menyala.

5. Tak sedikit dari Anda tentunya suka mengenakan perhiasan berupa cincin, kalung maupun gelang. Namun untuk wawancara kerja, sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, cukup kenakan satu atau dua cincin dan kalung yang simpel.

6. Sebaiknya saat wawancara kerja Anda tidak berlebihan dalam menggunakan make-up. Kenakanlah lipstik dan blush on dengan warna netral. Jangan sampai riasan wajah Anda terlihat seperti ingin pergi ke pesta.

7. Pastikan tatanan rambut Anda terlihat rapi dan konservatif. Jika rambut Anda panjang, usahakan untuk dikuncir atau tersisir rapi ke bawah.

8. Kuku Anda rapi sebaiknya tidak kotor. Sebelum memasuki ruang wawancara kerja, bercermin terlebih dahulu di toilet untuk memastikan tampilan Anda sempurna.

9. Jangan sampai Anda mengenakan pakaian yang terlalu seksi dan mini. Pakailah pakaian yang layak untuk dikenakan ke kantor.

10. Usahakan untuk rileks dan tenang ketika ingin masuk ke ruang wawancara kerja. Dengan begitu dapat membantu Anda terhindar dari perasaan gugup. Jangan lupa juga untuk selalu tersenyum.

Sumber
Reply With Quote
  #8  
Old 3 August 2012, 13:03
zonegue's Avatar
Junior Member
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 363
Thanks: 0
Thanked 4 Times in 4 Posts
zonegue is an unknown quantity at this point
Default

Memang bikin don banget kalau kayak gini...\

____________________
Cara Memakai Jilbab
__________________
Tips Mengecilkan Perut <----Tips Paling Ampuh Lngsung Manjuurr
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Tags
interview, jawaban, pertanyaan

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Trackbacks are On
Pingbacks are On
Refbacks are On



All times are GMT +7. The time now is 14:48.