VIVAnews Forums
Welcome to VIVAforum!
If this is your first visit, be sure to check out the FAQ by clicking the link above. You may have to register before you can post: click the register link above to proceed. To start viewing messages, select the forum that you want to visit from the selection below.


Reply
 
Thread Tools Display Modes
  #1  
Old 24 August 2010, 21:26
expertmedia's Avatar
expertmedia expertmedia is offline
Senior Member
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 615
expertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top memberexpertmedia super top member
Default Prof Firmanzah PhD; Dekan dan Guru Besar Termuda UI


Prof Firmanzah PhD, agaknya beliau sangat layak dijadikan contoh bagi kita semua. Di usianya yang masih belia (beliau lahir 7 Juli 1976), beliau kini menjadi Dekan FE UI dan kini menjadi Guru Besar UI termuda sepanjang sejarah berdirinya UI hingga kini.

Quote:
INILAH.COM, Jakarta – Meski terbilang muda, pria ini sudah mendulang banyak pujian dari kalangan intelektual atas prestasinya. Ia adalah Prof Firmanzah PhD, dekan termuda yang baru saja dikukuhkan sebagai guru besar termuda UI.

Pada pengukuhannya sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu manajemen strategis, Rabu (18/8) kemarin, di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI-Depok, Firmanzah menyampaikan pidato berjudul ‘Coordination-Capability dan Daya Saing Nasional: Peran Boundary-Spanner dalam Perspektif Struktural-Interaksionisme.’

Dalam pidatonya, Ia menekankan pentingnya penataan hubungan kelembagaan, baik di lembaga tingkat nasional, daerah, maupun industri. Menurut Firmanzah, pekerjaan ini merupakan tugas kolektif dari setiap elemen bangsa Indonesia. Karena pengalaman sejumlah negara seperti Finlandia, Singapura, China, Jepang, dan Amerika Serikat menunjukkan bahwa pembangunan daya saing nasional selalu dimulai dari perbaikan dan intesifikasi koordinasi kelembagaan.

"Bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang berperan sebagai boundary-spanner untuk berinteraksi dengan yang lain dalam membangun keterkaitan, komunikasi, dan kerja sama kelembagaan. Hanya dengan ini, daya saing Indonesia dapat ditingkatkan melalui penggabungan semua sumber daya dan keunggulan nasional," kata pria kelahiran 7 Juli 1976 tersebut.

Firmanzah adalah Dekan FEUI sejak 2009 dan merupakan dekan termuda dalam sejarah UI. Saat lulus SMA, Ia memilih Fakultas Ekonomi UI dan lulus dalam waktu 3,5 tahun. Ia pun sempat menjajal dunia asuransi sebagai analis pasar, sebelum memutuskan kembali ke bangku kuliah, setahun kemudian. Pria yang akrab dipanggil Fiz tersebut mengambil program S-2 di bidang yang sama dan menyelesaikannya dalam tempo dua tahun.

Melanjutkan studi di Universitas Lille di Prancis, merupakan momen titik balik Fiz mengenal dunia yang lebih luas. Ia mendalami bidang strategi organisasi dan manajemen atas beasiswa dari universtas tersebut. "Ketika mendapatkan beasiswa ke Prancis, itu merupakan perjalanan pertama saya ke luar negeri dan kali pertama pula naik pesawat," kenangnya.

Fiz juga sekaligus menjalani studinya pada tingkat doktoral dalam bidang manajemen internasional dan strategis di Universitas Pau and Pays De l’Adour, dan selesai pada 2005.

Karena lulus tercepat di angkatannya, Fiz lantas mendapatkan beasiswa program doktoral dalam bidang manajemen strategis internasional dari University of Pau et Pays de l" Adour dan meraih PhD pada 2005.

Ia pun sempat mengajar setahun di almamaternya, sebelum dipanggil pulang oleh dekan FE UI saat itu, Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro untuk mengajar di UI. “Padahal, tiga hari sebelumnya, saya baru saja mendapat tawaran menjadi dosen tetap dengan gaji tinggi dan fasilitas lengkap,” ujarnya.

Fiz menilai, menetap di Prancis akan menjadikannya dosen terbang di berbagai negara di dunia, antara lain Maroko dan Inggris. Fasilitas perpustakaan yang lengkap merupakan surga baginya.

Mendapati bahwa kehidupan di Prancis akan terlalu mudah baginya, Ia pun memilih kembali ke Indonesia. “Ada banyak hal yang bisa dilakukan di sini dan itu akan lebih berarti, karena hidup ternyata tidak hanya mencari kenyamanan,” ujar suami Ratna Indraswari ini sambil tersenyum.

Tiga tahun berikutnya, yakni ketika berusia 32 tahun, Fiz terpilih sebagai Dekan ke-14 FE UI periode 2009-2013 yang tercatat sebagai dekan termuda dalam sejarah UI. Pria pelahap buku-buku filsafat yang mengidolakan filsuf dari Jerman, Schopenhauer itu, mengalahkan sejumlah kandidat kuat, seperti Prof Sidharta Utama PhD CFA dan Arindra A Zainal Ph.D.

Bahkan sebelum masuk tiga besar kandidat, ia harus bersaing dengan calon yang jam terbangnya sudah tinggi, seperti Dr Nining Soesilo (kakak kandung mantan Menkeu Sri Mulyani Indrawati), Dr Chaerul Djakman dan Dr Syaiful Choeryanto.

Firmanzah menghabiskan masa kecil hingga SMA di Surabaya. Ibunya, Kusweni, adalah seorang buta huruf yang bercerai ketika usianya dua tahun. Namun, Fiz kecil yang saat itu bercita-cita menjadi astronot, tidak lantas minder.

Anak ke-8 dari 9 bersaudara ini justru mempelajari semangat juang tinggi dari sang ibu. Selain intisari hidup terkait dengan kesetiaan, persahabatan dan kasih sayang.

Hal inilah yang membuat pengagum teori Tsun Zu ini memiliki falsafah hidup, bahwa rasa kemanusiaan adalah naluri yang paling kuat untuk memenangkan pertarungan dalam hidup. Baginya, pertarungan itu bisa terjadi di mana saja, dan yang membedakan antara yang menang dan yang kalah adalah strategi.

Dalam mendidik anak-anaknya, ibunya pun tak menerapkan manajemen belajar yang ketat dan disiplin. Ia diajarkan untuk lebih management by output, bukan management by process.

“Ibu bilang, mau belajar kayak apa, terserah. Yang penting, nilainya bagus,” ujarnya. Itulah yang membuatnya bisa membaca buku di sela-sela main gundu. Sedari belia pun, Fiz mengaku sudah mengetahui visinya, yakni menjadi orang yang berguna bagi masyarakat. [mdr]
Sumber: Inilah.com
Reply With Quote
  #2  
Old 25 August 2010, 02:12
iindra iindra is offline
New Member
 
Join Date: Aug 2010
Location: Jambi
Posts: 12
iindra is an unknown quantity at this point
:peluk: Bagus...!!

Suatu saat pasti jadi menteri keuangan...! tp jangan korupsi tau..
Reply With Quote
  #3  
Old 25 August 2010, 07:49
beppe's Avatar
beppe beppe is offline
Senior Member
 
Join Date: Mar 2010
Location: Suroboyo
Posts: 748
beppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top memberbeppe super top member
Default

Keren nih...kakak kelas gw (walopun jauh) di SMA..
bikin bangga almamater nih..salute deh pak..semoga bs menjadi panutan..
__________________
A friend loves at all times, and a brother is born for adversity.
[SIGPIC][/SIGPIC]

Jangan tanya apa yang negara Anda lakukan untuk Anda, tanyakan apa yang dapat Anda lakukan untuk negara Anda. (JFK's Quote)


Yang penting itu KUALITAS bukan kuantitas

It is better to lead from behind and to put others in front, especially when you celebrate victory when nice things occur. You take the front line when there is danger. Then people will appreciate your leadership. (Nelson Mandela's Quote)
Reply With Quote
  #4  
Old 25 August 2010, 14:14
cybogr's Avatar
cybogr cybogr is online now
Super Moderator
 
Join Date: Aug 2010
Location: bandung
Posts: 8,175
cybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top membercybogr super top member
Default

nah ini, biar kata orang autis juga, tp berpendidikan tinggi huhu.... saluuuutttt!
__________________
A
AA
AAA
d(-_-)b
#--||||--/
| |

@pengamenkeren

Reply With Quote
  #5  
Old 25 August 2010, 14:18
giulie's Avatar
giulie giulie is offline
Moderator In Training
 
Join Date: Jul 2010
Location: Somewhere I belong
Posts: 34,387
giulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top membergiulie super top member
Default

wah, dia juga main gundu..
kirain cuma giu doang..

adik adik..jangan lupa belajar..
Reply With Quote
  #6  
Old 25 August 2010, 14:23
de_martinz's Avatar
de_martinz de_martinz is offline
Silver Member
 
Join Date: May 2010
Location: BelanDa [ Belakang Dapur ]
Posts: 3,968
de_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top memberde_martinz super top member
Default

Quote:
Originally Posted by beppe View Post
Keren nih...kakak kelas gw (walopun jauh) di SMA..
bikin bangga almamater nih..salute deh pak..semoga bs menjadi panutan..
ngaku-ngaku aja lo
Reply With Quote
  #7  
Old 3 September 2010, 04:35
chicken little chicken little is offline
New Member
 
Join Date: Jun 2010
Posts: 22
chicken little is an unknown quantity at this point
Default

waaah saya pernah tuh punya pengalaman mau wawancara dia.. tapi susah banget huhu padahal saya anak ui..
emg resikonya jd org penting begitu kali ya.. susah di temui dan selalu sibuk
__________________
Leadership training || Training Motivasi
Reply With Quote
  #8  
Old 8 September 2010, 23:35
Black_Kaizaro's Avatar
Black_Kaizaro Black_Kaizaro is offline
Junior Member
 
Join Date: Sep 2010
Location: In Black Fog
Posts: 375
Black_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top memberBlack_Kaizaro super top member
Default

wah,,hebat juga y
Reply With Quote
Reply

Bookmarks

Thread Tools
Display Modes

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 20:45.